4 Cara Mudah Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark atau disebut juga dengan selulit (tanda regangan) adalah guratan yang terdapat pada permukaan kulit, dengan pola memanjang dan tidak beraturan. Panjang guratan tersebut bervariasi dari hanya beberapa milimeter hingga belasan centimeter. Kulit merupakan alat eksresi atau alat pembuangan zat-zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui kelenjar keringat.

selulit

Kulit tersusun dari 3 lapisan yaitu
* Lapisan pertama dari kulit adalah Epidermis.
Lapisan Epidermis adalah lapisan terluar dari kulit. Lapisan ini berperan melindungi bagian dalam tubuh dari goresan, sinar uv dan ancaman luar lainya. Didalam lapisan epidermis terdiri dari susunan lapisan sel datar.

* Lapisan kedua adalah Lapisan dermis
Lapisan Dermis atau lapisan kedua / menengah pada susunan kulit kedua. Lapisan ini tersusun dari syaraf-syaraf penting yaitu serat kolagen dan elastin yang berfungsi menjaga kekencangan dan fleksibilitas kulit.

* Lapisan ketiga adalah Subkutis atau hipodermis
Lapisan ini terletak dibawah lapisan dermis. Hipodermis banyak mengandung lemak yang berguna sebagai cadangan makanan, pelindung tubuh dari benturan dan menjaga kestabilan suhu tubuh.

Stretch mark terjadi jika lapisan dermis kulit mengalami perenggangan melebihi daya fleksibilitasnya dalam kurun waktu yang pendek. Peregangan yang berlebihan ini mengakibatkan lapisan dermis pecah dan timbulllah stretch mark. Stretch mark sebenarnya hanya merupakan kerutan pada kulit yang terjadi dibagian lapisan dermis, sedangkan dibagian epidermis tetap utuh. Stretch mark dapat muncul dibagian tubuh manapun tetapi yang paling sering adalah pada bagian tubuh yang berlemak atau yang sering terjadi peregagangan. Bagian tubuh yang paling umum terdapat stretch mark adalah perut ( dekat pusar ), pangkal paha, lengan atas, ketiak, dan punggung. Stretch mark tidak membahayakan bagi kesehatan, hanya saja dapat menggangu penampilan.

Penyebab Stretch mark

Stretch mark terjadi akibat pembesaran tubuh yang mengakibatkan lapisan dermis merenggang. hormon-hormon tertentu juga bisa menimbulkan stretch mark pada kulit. Berikut ini sebab-sebab terjadinya stretch mark :

(a) Kehamilan
Selama proses kehamilan dinding perut meregang dikarenakan untuk menampung rahim terjadi peregangan pada kulit.

(b) Pubertas
Hormon pubertas yang dialami oleh para remaja menyebabkan penimbunan lemak meningkat dan luas tubuh bertambah.

(c) Binaraga
Aktifitas olah raga yang bertujuan untuk membentuk tubuh dengan menambah massa otot menimbulkan peregangan pada kulit melebihi fleksfibilitas kulit.

(d) Berat badan
Bertambah atau berkurangnya berat badan yang begitu cepat dapat mengakibatkan peregangan pada kulit

(e) Krim atau lotion kostikosteroid
Krim kortikosteroid digunakan untuk mengurangi peradangan pada kulit, tetapi efek samping yang ditimbulkan adalah dapat mengurangi jumlah kolagen pada lapisan dermis kulit. Kolagen adalah sejenis protein berperan penting untuk menjaga kelenturan kulit. Kekurangan kolagen berpengaruh besar dalam pembentukan stretch mark.

Pengobatan Stretch Mark

Stretch mark dengan sendirinya akan memudar, dari waktu ke waktu. Pada remaja stretc mark tidak harus diobati karena pada akhirnya akan hilang sepenuhnya. beberapa pengobatan dapat ditempuh untuk mempercepat pemudaran stretch mark :

1. Krim dan salep yang mengandung bahan aktif sintetis vitamin A ( retinol ) dapat berfungsi menghambat degradasi kolagen pada bagian dermis kulit.

2. Terapi Laser.
Teknik ini digunakan untuk membuat luka mikroskopis pada lapisan kulit, dengan tujuan merangsang pembentukan kolagen dan epidermis.

3. Lidah Buaya
– Siapkan satu buah lidah buaya yang sudah tua
– Keluarkan jel lidah buaya, atau bisa juga dengan membelahnya menjadi beberapa bagian
– Gosokkan lendir lidah buaya pada bagian kulit yang mengalami stretch mark

4. Lemon
– Potong lemon menjadi dua bagian lalu gunakan bagian dagingnya untuk dioleskan pada kulit yang mengalami stretch mark
– Biarkan selama 10 hingga 15 menit agar air lemon benar-benar meresap
Lemon banyak mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk memberikan vitamin pada kulit. Ketika Anda melakukan perawatan untuk menghilangkan stretct mark sebaiknya didukung dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat, misalkan labu, semangka beserta bijinya, almond dan putih telur yang direbus.

Loading...
/* */