5 Tips Diet Sehat Dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Sehat Dan Cepat Menurunkan Berat Badan adalah  sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Banyak orang yang mengalami masalah pada berat badannya, tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan olah raga atau bahkan mengatur pola makannya supaya tidak mengalami obesitas dan keluhan penyakit yang datang seiring kelebihan berat badan yang dialaminya. Pada kebanyakan orang akan memilih cara instan dengan mengkonsumsi obat pelangsing, tetapi cara ini akan menimbulkan efek samping misalnya gangguan pada pencernaan dan bahkan juga dapat mendatangkan kematian.

Lalu bagaimana agar berat badan kita bisa turun tetapi tidak mengalami satu kondisi yang menyiksa atau bahkan bisa dilakukan tanpa melakukan olah raga.  Semua itu kuncinya adalah dengan menerapkan pola diet sehat. Cara diet sehat untuk menurunkan berat badan difokuskan pada pengaturan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sebisa mungkin disesuaikan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Selama jumlahnya masih dalam batas toleransi dalam arti tidak terlalu sedikit maka tidak akan membahayakan kesehatan.

Seringkali orang  melakukan diet dengan cara mengurangi asupan makanan secara drastis. Misalnya hanya memakan buah yang jumlahnya  sangat minim, padahal tubuh kita selalu membutuhkan asupan makanan yang diperlukan untuk aktivitas. Hasilnya banyak pelaku diet yang malah memerlukan perawatan di rumah sakit gara-gara menjalani pola diet yang salah.

Diet yang benar adalah dengan memperhatikan kebutuhan kalori, buah memang salah satu alternatif yang paling baik untuk melakukan diet. Contohnya ada salah satu jenis diet pisang, dimana seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang dalam jumlah tertentu sebagai makanan pokok sumber energi. Jika dilakukan dengan disiplin maka hasilnya pun akan memuaskan, tinggal bagaimana cara kita menjaga berat badan agar tetap ideal.

diet cepat sehat alami tanpa olahraga

Beberapa Pilihan Metode Diet Sehat Yang Aman Dan Efektif Menurunkan Berat Badan :

1. DIET ATKINS,

Jenis diet ini mengizinkan anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein misalnya olahan daging merah, daging ayam, bebek, keju, mentega, masakan bersantan dan telur. Tetapi membatasi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, roti, kentang, ubi dan tales.

Kelebihan dari diet Atkins ini adalah dapat menurunkan berat badan secara cepat tanpa merasa lapar dan bahkan tubuh anda menjadi lebih berstamina.

Sedangkan untuk kekurangannya, karena terlalu banyak memfokuskan diri mengkonsumsi makanan berlemak, jika diet Atkins ini dilakukan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan stroke.

2) DIET “ THE SOUTH BEACH “

Diet jenis ini menerapkan konsep makan dengan menitik beratkan pada makanan yang mengandung banyak protein dan membatasi konsumsi lemak serta karbohidrat kompleks.

Kelebihan dari diet the south beach adalah dapat membentuk tubuh menjadi lebih langsing, membantu menjaga kestabilan kolesterol bahkan menurunkan kadar kolesterol jahat, sesuai untuk penderita diabetes karena bisa menurunkan kadar gula serta dapat mencegah gangguan pada jantung.

Sedangkan untuk kekurangannya, jenis diet ini membuat anda kesulitan dalam memilih variasi menu makanan, karena makanan yang mengandung protein jenisnya terbatas.

3) DIET “ ZONA “

Mekanisme dari diet ini adalah dengan membuat daftar menu makan diet berdasarkan prosentase. Yaitu 40% untuk karbohidrat, 30% untuk protein dan 30% sisanya untuk lemak. Prosentase ini dikombinasikan dalam satu menu makan harian.

Kelebihan dari diet ini adalah dapat menurunkan berat badan hingga 1,5 kg dalam waktu sepekan. Selain itu juga dapat membantu menjaga kadar insulin dalam darah.

Kekurangannya, memerlukan kejelian untuk dapat menghitung prosentase  dari makanan yang akan kita konsumsi.

4) DIET RAWFOOD

Diet ini mengharuskan anda untuk mengkonsumi buah dan sayuran mentah atau dimasak hanya setengah matang. Hal ini dimaksudkan gar vitamin yang terkandung tidak hilang karena panas.

Kelebihan dari diet ini adalah selain dapat menurunkan berat badan dengan cepat, juga membantu merawat kecantikan kulit anda.

Kekurangannya adalah masih banyak tanaman dan sayuran yang terkandung bahan pestisida yang membahayakan tubuh, apalagi untuk Indonesia. Oleh sebab itu jika anda menginginkan diet jenis ini, pilihlah jenis buah dan sayuran organik.

5) DIET GOLONGAN DARAH

Diet golongan darah merupakan jenis diet yang lebih spesifik. Misalnya saja untuk anda yang memiliki golongan darah A dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan menghindari konsumsi daging. Golongan darah B lebih menyenangkan karena dapat mengkonsumsi banyak jenis makanan, dan sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu, daging merah dan ikan. Golongan darah AB dapat mengkombinasikan diet khusus yang dianjurkan untuk golongan darah A dan B. sedangkan untuk golongan darah O disarankan untuk banyak konsumsi makanan yang mengandung protein tetapi rendah karbohidrat.

Kelebihan dari diet ini adalah menjaga emosi lebih stabil, dapat mengurangi potensi stress.

Dan untuk kekurangannya adalah masih ada beberapa orang yang belum sepakat dengan sistem diet golongan darah, sehingga masih membutuhkan banyak lagi studi ilmiah.

Beberapa cara diet sehat yang aman dan mudah dilakukan tanpa olah raga diatas dapat anda coba sesuai dengan keinginan anda. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika anda memiliki beberapa riwayat penyakit.

/* */