10 Bahaya Cat Kuku dan Tips Memakai Yang Aman

Bahaya Cat Kuku

Bahaya Cat Kuku

10 Bahaya Cat Kuku dan Tips Memakai Yang Aman – Menghias kuku memang dapat membuat kuku terlihat cantik dan menarik, sehingga banyak para kaum wanita yang gemar melakukan cat kuku dengan warna-warna yang indah. Namun perlu anda ketahui bahwa mengecat kuku juga bisa berbahaya bagi kesehatan, ini dikarenakan di dalam cat kuku terdapat kandungan zat kimia berbahaya.

Ada beberapa kandungan zat kimia berbahaya yang terdapat pada cat kuku, antara lain seperti :

  1. Formalin

Formalin adalah suatu kandungan zat kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan, karena zat tersebut sering digunakan sebagai bahan untuk mengawetkan jasad atau mayat manusia. Maka jika kandungan zat kimia ini masuk ke dalam tubuh, kandungan formalin ini bersifat karsinogonik yang dapat memicu penyakit kanker jika terlalu sering digunakan.

  1. Zat Toluene

Zat Toluene adalah suatu zat yang jika masuk ke dalam tubuh manusia dapat memicu terjadi kerusakan pada sistem syaraf. Kandungan zat ini dapat berubah menjadi racun, sehingga sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

  1. Etil esatat

Kandungan zat berbahaya lainnya yang terkandung di dalam cat kuku yaitu Etil esatat, zat ini memiliki aroma yang sangat khas padahal aroma yang dikeluarkan tersebut berasal dari gas yang dihasilkan zat Etil esatat. Maka dari itu, gas tersebut akan sangat berbahaya jika terhirup dan masuk ke dalam tubuh bahkan lebih berbahaya dibandingkan dengan zat berbentuk padat.

  1. Phytilates

Phytilates adalah suatu zat yang dapat mengganggu sistem metabolisme pada jaringan lemak.

Bahaya Cat Kuku Bagi Kesehatan

Kandungan zat-zat kimia tersebut akan sangat berbahaya dan memicu berbagai jenis penyakit jika masuk ke dalam tubuh manusia, diantaranya seperti :

  1. Menyebabkan iritasi pada mata

Melakukan riasan kuku dengan menggunakan cat kuku atau kutek ternyata dapat menyebabkan iritasi pada mata, mungkin sebagian dari anda akan merasa aneh. Memang pada kenyataannya, kandungan zat toluene yang terdapat pada cat kuku dapat menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf, begitupun jika cat kukut tersebut terkena mata. Mata yang terkena cat kuku bisa menyebabkan mata iritasi dan kemerahan. Maka dari itu, ketika anda sedang menggunakan cat kuku, pastikan tidak sampai mengenai mata.

  1. Mengalami Pusing

Reaksi ini bisa terjadi jika aroma dari zat toluene sering terhirup, karena zat ini dapat menyebabkan terganggunya sistem syaraf pada otak. Jika hanya sesekali saja mungkin tidak akan beeaksi apa-apa, tetapi jika sering akan menyebabkan kepala terasa pusing.

  1. Menyebabkan penyakit lambung

Kandungan formalin yang terdapat pada cat kuku atau kutek dapat memicu gangguan pada kesehatan lambung jika zat tersebut tanpa sengaja termakan, maka dari itu makan yang mengandung formalin sangat berbahaya dan dilarang. Jika zat formalin tersebut sudah masuk ke dalam pencernaan, maka formalin akan mengganggu fungsi lambung dengan menyerang protein dan pada akhirnya akan mengganggu sistem metabolisme tubuh.

  1. Menyebabkan Kanker

Tingginya kandungan formalin pada cat kuku dapat menyebabkan kanker jika zat tersebut masuk ke dalam tubuh, karena formalin sendiri merupakan suatu zat yang bersifat karsinogen.

  1. Terjadi Iritasi hidung

Hidung merupakan salah satu anggota tubuh yang paling sering berinteraksi dengan tangan, sehingga pemakaian cat kuku ini akan sangat berbahaya jika tangan dan hidung secara terus menerus berinteraksi seperti pada saat membersihkan hidung. Dampak buruknya yaitu dapat menyebabkan terjadinya iritasi hidung, parahnya lagi jika zat kimia yang terdapat pada cat kuku tersebut terhirup dan masuk ke dalam tubuh.

  1. Menyebabkan Diabetes

Umumnya penyakit diabetes sering disebabkan oleh karena efek dari zat phytulates, karena sudah dijelaskan diatas bahwa cat kuku memiliki kandungan zat kimia yang dapat menyebabkan terganggunya sistejm metabolisme tubuh pada jaringan lemak. Selain itu, kandungan zat mono etalat juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes.

  1. Dapat menyebabkan penyakit jantung

Di dalam cat kuku memiliki kandungan zat kimia berbahaya seperti etil asetat, kandungan zat tersebut dapat berubah menjadi zat berbentuk gas. Jika gas tersebut terhirup dan kemudian disalurkan ke jantung, akhirnya jantung akan menyalurkan darah ke seluruh organ tubuh. Pada akhirnya, jika terjadi secara terus menerus seluruh kesehatan organ di dalam tubuh akan terganggu.

  1. Penyakit Paru-paru

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kandungan zat etil asetat yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan gangguan kesehatan pada seluruh organ tubuh termasuk paru-paru. Hal ini dikarenakan, proses masuk zat ini pada awalnya akan masuk melalui saluran pernasan pada saat menghirup gas dari zat tersebut.

  1. Menyebabkan Kuku Rapuh

Terlalu lama memakai cat kuku bisa berakibat terjadinya kerusakan pada kuku itu sendiri, karena pemakaian cat kuku ini akan menutup pori-pori dari kuku itu sendiri yang membuat kuku tidak dapat bernafas. Pada akhirnya, kuku akan mengalami kekurangan oksigen dan kuku akan cepat rapuh. Maka dari itu, penting untuk diperhatikan bahwa jangan pernah memakai cat kuku terlalu sering dan juga terlalu lama, segera bersihkan jika memang sudah tidak diperlukan.

  1. Bahaya Untuk Ibu Hamil

Cat kuku banyak sekali kandungan kimia didalamnya otomatis berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang ada didalamnya, sebab bahan kimia tersebut dapat menembus barrier plasanta. Maka dari itu bagi ibu hamil sebaiknya jangan menggunakan cat kuku terlebih dahulu pada masa kehamilan.

Itulah beberapa bahaya cat kuku bagi kesehatan tubuh, gunakanlah cat kuku seperlunya saja dan jangan terlalu lama memakai cat kuku. Misalnya saja, gunakan cat kuku hanya ketika akan menghadiri suatu pesta dan setelah pulang ke rumah segera bersihkan.

Tips Memakai Cat Kuku Yang Tepat Dan Aman

Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika akan memakai cat kuku, yaitu :

  1. Pastikan anda membeli cat kuku yang masih baru dan memiliki masa kadaluarsa masih panjang, jika sudah habis masa kadaluarsanya sangat tidak dianjurkan untuk dipakai karena bisa berbahaya bagi kesehatan jika termakan atau terhirup.
  2. Perhatikan juga kandungan bahan-bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan cat kuku tersebut, pastikan bahan dasar yang digunakan bukan jenis bahan yang berbahaya bagi kesehatan.
  3. Jika anda tidak ingin terjadi sesuatu pada kesehatan tubuh anda dengan memakai cat kuku, maka anda bisa memilih cat kuku yang terbuat dari bahan alami. Selain aman, cat kuku alami jelas lebih murah dan aman meski digunakan selama seharian setiap hari.
  4. Piliha produk asli dan berkualitas bagus, karenanya jangan pernah tergiur dengan harga murah karena belum tentu murah itu bagus.
  5. Pilih dan gunakan merk cat kuku yang sudah terkenal dan terpercaya.

Itulah beberapa alasan dan informasi tentang bahaya cat kuku bagi kesehatan. Tidak bisa dipungkiri bahwa cat kuku saat ini memang sangat berperan penting dalam menunjang penampilan, sehingga banyak wanita yang memakai cat kuku agar mereka terlihat cantik dan menarik.

Sekian informasi yang dapat kami informasikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
/* */