Bahaya Make Up Palsu dan Tips Memilih Make Up

Bahaya Make Up Palsu

Bahaya Make Up Palsu

Bahaya Make Up Palsu – Keberadaan produk make up palsu sudah sangat marak dipasaran. Bagi anda para pengguna make up, maka harus lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam memilih produk make up yang akan anda beli. Salah satu faktor penyebab banyaknya produk make up palsu yang bermunculan yaitu dikarenakan banyaknya brand atau merk make up terkenal yang dipatok dengan harga yang mahal, sehinga banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ingin mendapatkan keuntungan berlipat dengan mamalsukan berbagai merk make up tersebut dan menjualnya dengan harga yang jauh lebih murah.

Namun sampai saat ini masih banyak kalangan masyarakat khususnya perempuan yang memilih membeli produk make up palsu, karena banyak orang yang masih merasa keberatan untuk membeli make up asli padahal mereka tahu jika make up yang mereka beli itu palsu. Penggunaan make up palsu memang akan memberikan efek yang sangat cepat, namun jika di gunakan dalam jangka panjang sangat tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Lalu, efek buruk atau bahaya apa saja yang ditimbulkan dengan memakai make up palsu? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak informasinya dibawah berikut ini.

Bahaya Menggunakan Make Up Palsu

  1. Menyebabkan Alergi Kulit

Bukan karena cocok atau tidaknya ketika menggunakan produk make up palsu, tetapi bahan kimia yang terkandung di dalam make up tersebut akan sangat berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang dan menyebabkan berbagai masalah kulit salah satunya dapat menyebabkan kulit mengalami alergi seperti gatal-gatal berlebihan, rasa panas seperti terbakar, kemerahan dan meninggalkan bekas yang dapat membuat kulit wajah menjadi tidak mulus lagi.

  1. Mengandung Banyak Bakteri Jahat

Pada produk make up palsu sudah sangat jelas memiliki standar kualitas dan kemanan yang berada di bawah ketentuan, bahkan tempat atau pamrik pembuatannya pun belum bisa menjamin bebas dari bakteri jahat. Berbeda dengan produk make up berkualitas dengan merk terkenal, tempat produksinya pun selalu terjaga kebersihannya dan kesterilannya dari berbagai jenis kuman dan bakteri jahat serta memiliki Quality Control yang selalu diutamakan.

Produk make up palsu atau tiruan bukan dilakukan di laboratorium yang tidak memperhatikan kebersihan dan tidak pernah dilakukan uji qualyti control. Dengan demikian, maka sudah dapat dipastikan jika produk make up yang diproduksinya sudah terkontaminasi dengan bakteri jahat. Oleh karena itu, jika dipakai secara terus menerus setiap hari akan sangat berbahaya bagi kulit.

  1. Menyebabkan Timbul Bercak Di Wajah

Karena banyak mengandung bahan kimia dan bakter berbahaya, maka make up palsu dapat memicu timbulnya ruam dan bercak-bercak serta menyebabkan kulit wajah menjadi kasar. Menurut penjelasan dari seorang Dermatologis yang bernama Dr. Robert Burka menjelaskan bahwa dia pernah menangani banyak pasien yang mengalami Dermatitis terhadap kulit akibat dari pemakaian produk make up palsu. Pada saat dilakukan penelitian, ia menemukan beberapa kandungan seperti timah, berrylium dan juga bakteri pada beberapa produk make up yang beredar di pasaran.

  1. Mengandung Racun

Beberapa para ahli juga pernah melakukan penelitian terhadap beberapa produk make up yang beredar di pasaran, hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa ditemukan banyak sekali kandungan racun berbahaya bagi kesehatan dan kulit. Salah satu jenis racun yang paling sering ditemukan pada produk make up palsu yaitu racun alais arsenic yang dapat menyebabkan seseorang menderita sakit perut, kerusakan organ tubuh dan bahkan jika dipakai dalam jangka waktu lama bisa berakibat pada kematian.

  1. Mengalami Infeksi Mata

Tidak sedikit kasus terjadi iritas pada mata setelah memakai make up. Di Amerika Serikat banyak perempuan yang mengalami iritasi mata setelah memakai produk make up palsu seperti memakai eyeshadow, setelah beberapa lama kelopak mata mengalami pembengkakan dan penglihatan pun menjadi kabur.

  1. Menyebabkan Timbulnya Luka Bakar

Seseorang yang sering memakai produk make up palsu yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, cyanide, timah, racu dan juga berbagai bahan kimia lainya dapat menimbulkan sensasi terbakar pada kulit sehingga dapat menimbulkan bekas seperti bekas luka bakar. Tentunya hal tersebut tidak ingin anda atau keluarga anda alami, bukan?

Tips Membeli Make Up Yang Tepat

  1. Membeli Make Up Di Toko Terpercaya

Untuk menghindari tertipu karena membeli produk tiruan, maka sebaiknya beli produk make up di toko-toko kosmetik yang sudah terpercaya atau jika ada beli langsung di toko resminya sesuai merk kosmetik yang anda inginkan. Jangan pernah berani membeli produk kosmetik di kaki lima, karena sangat beresiko jika produk make up yang dijual produk palsu atau tiruan.

  1. Perhatikan Kemasannya

Ketika anda hendak membeli produk make up yang anda inginkan, periksa dengan teliti kemasannya, karena jika merk make up yang akan anda beli sudah sangat terkenal memiliki kemasan yang bagus dan proses pengemasannya pun menggunakan mesin berteknologi canggih. Maka jelas akan ada perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan kemasan yang dibuat dan di kemas menggunakan tangan.

  1. Perhatikan dan cek barcode, nomor seri dan informasi manufakturnya

Pada produk make up palsu akan terdapat 2 atau 3 digit angka atau kode bar yang pastinya tidak akan cocok dengan kode negara asal yang sudah terdaftar, baik yang tertera pada kemasan maupun pada produknya. Selain itu, periksa juga nomor seri dari produk tersebut dan sesuaikan dengan yang tertera pada kemasannya.

Pada produk make up asli selalu disertai dengan informasi mengenai daftar bahan-bahan pembuatannya dan bahasa yang digunakan biasanya terdiri dari beberapa bahasa. Jika pada kemasannya hanya memberikan informasi yang sedikit dan tidak begitu jelas, maka besar kemungkinan jika produk tersebut palsu atau tiruan.

  1. Periksa Kualitas Produk

Untuk mencegah agat tidak tertipu dengan membeli produk palsu, maka anda bisa mengunjungi situs atau website resminya untuk mengetahui ciri-ciri dari produknya mulai dari warna, aroma dan juga tekstur dari produk make up asli.

  1. Aroma dan Konsistensi

Pada produk komsetik asli tidak mengandung zat-zat yang berbahaya dan aneh-aneh di dalamnya, terutama untuk jenis produk matte. Produk kosmetik yang berbentuk krim juga tidak diberi campuran bahan-bahan berbahaya yang memiliki aroma yang menyengat. Maka dari itu, jika produk yang anda beli memiliki aroma tidak sedap dan menyengat, maka dapat dipastikan jika produk kosmetik atau make up tersebut palsu.

  1. Periksa Alat Make Up

Jika dilihat dari kemasan produk palsu sangat mirip dengan produk asli dan sulit untuk dibedakan, maka anda wajib memeriksan kualitas, bentuk dan warna dari alat make up yang digunakan mulai dari spons dan juga kuas. Pasti akan ada perbedaan antara alat make up yang asli dan yang palsu, apalagi jika anda sudah sering membeli produk yang asli.

  1. Mencoba Sebelum Membeli

Ketika hendak membeli produk make up atau kosmetik, maka jangan ragu untuk mencobanya terlebih dahulu. Dengan mencobanya anda akan tahu apakah produk make up yang anda beli asli atau palsu.

Demikian informasi mengenai bahaya make up palsu untuk kesehatan anda, semoga informasi ini dapat memberikan atau menambah pengetahuan bagi anda semua agar tidak tertipu ketika membeli produk make up yang anda butuhkan.

/* */