Tahukah Anda Bahaya Minum Air Es Saat Berbuka Puasa?

Bahaya Minum Air Es Saat Buka Puasa – Memang setelah menahan lapar dan dahaga selama sehari penuh, paling nikmat tentu mengawali buka puasa dengan air es yang menyegarkan. Namun tahukah Anda hal ini merupakan kebiasaan buruk yang harus Anda hindari. Mengapa? Kali ini kita akan membahas mengenai bahaya minum air es saat berbuka puasa yang mungkin sebagian banyak orang kurang paham mengenai informasi tersebut.

 

Bahaya Minum Air Es saat Berbuka

Bahaya Minum Air Es saat Berbuka

 

Meminum air es saat berbuka tentu sudah menjadi hal biasa. Bagaimana tidak? Air es, merupakan pilihan terbaik dalam membunuh rasa haus. Namun Anda harus menghindari kebiasaan satu ini. Minum air es sebagai pembatal puasa adalah saran yang buruk. Bahaya minum air es saat berbuka puasa yaitu dapat menimbulkan kontraksi lambung. Hal ini disampaikan oleh dokter Nursyam salah satu dokter dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

 

Menurut dokter Nursyam, berbuka puasa sebaiknya diawali dengan minuman manis dengan suhu hangat-hangat kuku. Hal ini baik untuk mengembalikan energy dan menstabilkan kembali kondisi tubuh akibat lambung kosong selama puasa sehari penuh.

 

Berilah jeda kurang lebih selama 5 sampai 10 menit untuk selanjutnya baru meminum air es. Karena setelah waktu jeda ini, kondisi perut Anda sudah kembali stabil. Tetapi lebih baik lagi jika Anda mngawalinya dengan makanan manis semisal kurma ataupun kolak.

 

Bahaya Konsumsi Air Es Saat Berbuka Puasa

 

Bahaya Konsumsi Air Es Saat Berbuka Puasa

Bahaya Konsumsi Air Es Saat Berbuka Puasa

 

Dokter Nursyam juga kembali menjelaskan, jika selama kurang lebih 14 jam lebih lambung dalam keadaan kosong dan langsung dihantam dengan air es, maka lambung Anda akan kaget dan mengalami kontraksi.

 

Untuk menghindari bahaya minum air es saat berbuka puasa, sebaiknya Anda mengonsumsi banyak air putih sebelum tidur dan disaat sahur sekitar 1 sampai 2 liter. Hal ini untuk menjaga kebutuhan mineral dalam tubuh Anda saat dalam keadaan puasa. Selain itu Anda juga bisa mencukupi kebutuhan mineral dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya serat seperti buah pear dan sayuran hijau semacam bayam.

 

Selain dapat menjaga asupan mineral tubuh, serat juga dapat menjaga perut Anda untuk tidak mudah lapar. Bukan hanya itu saja, serat juga dapat menjaga kapasitas daya tampung air dalam lambung sehingga Anda juga tidak akan mudah haus selama puasa.

 

Sekarang sudah paham kan mengapa minum air es saat berbuka puasa dilarang? Menjaga kesehatan selama bulan puasa sangatlah penting, untuk itu pastikan kondisi tubuh Anda tetap terjaga selama satu bulan puasa. Terima kasih telah membaca ulasan terbaru kami bertajuk Bahaya Minum Air Es Saat Berbuka Puasa diatas semoga membantu ya.

 

Di bulan Ramadhan yang penuh hikmah ini tentu kita semua ingin mendapatkan hasil yang baik dimana semua ibadah kita menjadi lancar tanpa halangan sedikitpun. Baca tips menarik terbaru kami lainnya yang juga tak kalah pentingnya yakni Cara Hindari Makan Berlebihan di Bulan Puasa. Terima kasih dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Loading...
/* */