Bahaya Suntik Silikon dan Efek Sampingnya

Bahaya Suntik Silikon

Source : Google.com

Bahaya Suntik Silikon dan Efek Sampingnya – Tidak sedikit orang yang merasa cemas dan tidak percaya diri dengan fisik dari salah satu atau beberapa bagian tubuhnya, sehingga banyak orang yang rela melakukan operasi plastik atau melakukan suntik silikon meski cara tersebut sangat beresiko bagi dirinya. Tentunya anda juga pernah menyaksikan berita tentang para artis tanah air maupun luar negeri yang melakukan operasi plastik atau suntik silikon pada bagian tubuhnya agat terlihat lebih sempurna.

Beberapa bagian tubuh yang sering dilakukan permak dengan suntik silikon yaitu seperti bibir, hidung, dagu atau bahkan payudara. Perlu anda ketahui bahwa melakukan suntik silikon memiliki resiko yang sangat besar bagi kesehatan maupun fisik pada bagian tubuh yang diberi suntikan silikon tersebut. Namun sebelum kami mengupas tentang bahaya suntik silikon bagi kesehatan, anda juga wajib tahu apa itu suntik silikon sebagai tambahan pengetahuan atau bahan pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk melakukan suntik silikon.

Suntik silikon adalah suatu tindakan medis yang dilakukan dengan cara menyuntikan suatu cairan khusus yang dilakukan untuk kebutuhan estetika seperti untuk menghilangkan kerutan, lipatan dan juga menghilangkan bekas luka pada kulit bagian tubuh tertentu. Menurut penjelasan yang telah dikemukakan Food and Drug Administration atau FDA di Amerika Serikat pada tahun 1978-1988 menyatakan bahwa melakukan suntik silikon sangat berbahaya bagi kesehatan dan tubuh manusia.

Sebelum FDA menyampaikan larangan terhadap penggunaan suntik cilikon ini, banyak oarang yang melakukan cara ini untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna sesuai keinginan mereka. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak mematuhinya dan tetap melakukan cara ini karena dianggap dengan suntik silikon dapat memberikan hasil yang lebih instan.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya larangan penggunaan suntik silikon ini bukan tanpa alasan. Nia awal mereka yang melakukan metode suntik silikon ini ingin memiliki bentuk pada bagian tubuh yang indah dan menawan sesuai harapan, tapi pada kenyataannya malah membuat bentuk dan ukuran bagian tubuh yang disuntik menjadi tidak karuan, parahnya lagi dengan melakukan suntik silikon ini dapat berujung pada kematian. Selain itu, dampak buruk dari penggunaan suntik silikon ini semakin bertambah parah dengan dilakukannya oleh para pelaku yang belum ahli atau bukan petugas medis yang sudah profesional.

Jenis Suntik Silikon dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Suntik silikon sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

  • Silikon Padat

Silikon padat merupakan jenis silikon yang memiliki bentuk mirip engan karet, silikon jenis ini memiliki tekstur yang cukup padat sehingga sering diaplikasikan pada bagian tubuh tertentu agar terlihat lebih padat dan berisi misalnya pada bagian tubuh seperti hidung, dagu, payudara dan bokong. Selain itu, jenis silikon padat juga sering digunakan untuk membuat persendian buatan dan juga katup jantung buatan.

Jenis silikon ini memiliki efek samping yang cukup berbahaya yaitu seperti menyebabkan gangguan pernafasan yang kronis terutama yang berbentuk kristal silika atau silikon diaksida dan juga dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru.

  • Silikon Cair

Jenis silikon berikutnya yaitu jenis silikon yang berbentuk cairan, silikon jenis ini biasanya sering digunakan pada bagian-bagian tubuh yan cair yaitu serin digunakan untuk mengatasi masalah mata ketika retina mata terlepas dari posisi aslinya. dengan begitu, suntikan silikon cair ini akan digunakan untuk memperbaikinya dengan cara menyuntikan cairan silikon dan juga menggunakan perekatnya.

Melakukan suntik silikon cair ini memiliki efek samping yang juga sangat berbahaya, karena dapat membuat bagian wajah menjadi kendur seperti pada bagian pipi menjadi kendur, bibir tebal, hidung menjadi turun dan juga dagu semakin melebar. Setelah sekian lama penampilan pun akan semakin kurang menarik, sehingga banyak orang yang pernah melakukannya menyesal telah melakukan suntik silikon pada bagian tubuhnya.

  • Silikon Gel

Silokon gel merupakan jenis silikon yang paling sering digunakan untuk merubah bentuk tubuh seseorang, karena jenis silikon gel memiliki kualitas yang sangat bagus dan dapat mengikuti bentuk sesuai dari tempat penyimpanannya. Kebanyakan jenis silikon ini sering digunakan untuk merubah bentuk payudara dan juga bokong.

Meski memiliki kualitas yang lebih bagus, tetap saja akan ada efek samping yang ditimbulkan pada seseorang yang pernah melakukannya. Penggunaan silikon gel ini dapat menyebabkan tejadinya peradangan pada bagian tubuh yang telah disuntik silikon gel. Selain itu, penggunaan silikon ini pun dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ paru-paru, otak dan bahkan dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Menurut penuturan dari seorang dokter bedah plastik yang berasal dari American Society of Plastic Surgeons yang bernama Malcolm Z Roth, MD menjelaskan tentang bahaya suntik silikon bagi kesehatan. “Di era modern seperti sekarang ini banyak bermunculan praktek suntik silikon ilegal yang dalam tindakannya tidak memenuhi syarat sesuai standar medis, sehingga akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang yang melakukannya, parahnya lagi melakukan suntik silkon dapat berujung pada kematian. Misalnya dengan melakukan tindakan yang tidak memperhatikan sterilisasinya, cairan silikon ini biasanya akan disuntikan pada bagian tubuh seperti bibi, hidung, pipi, dagu, payudara dan juga bokong”.

Penyebab yang paling umum kasus kematian yang disebabkan oleh dilakukannya suntik silikon yaitu karena injeksi yang dilakukan pada bagian payudara, kemudian organ paru-paru akan terisi dengan cairan yang berasal dari terjadinya peradangan yang sangat hebat, sehinga dapat menyebabkan seseorang awalnya terserang sesak nafas dan akhirnya meninggal dunia.

Manfaat dari suntik silikon ini tentunya sangatlah tidak sepadan dengan bahaya yang ditimbulkannya jika pelakunya harus rela untui mempertaruhkan nyawa. Jika anda memang mendambakan bentuk tubuh yang ideal dan terlihat cantik, sebaiknya lakukan perawatan kecantikan yang lebih sehat dan aman dan jangan lupa untuk mengkonsultasikannya dengan dokter.

Efek Samping Melakukan Suntik Silikon Untuk Membesarkan Payudara

Sebenarnya praktek suntik silikon yang bukan dilakukan oleh dokter ataupun tenaga medis profesional sering kali tidak memperhatikan tingkat keselamatan dari para pasiennya. Penggunaan jarum suntik yang sering diganti-ganti dapat menimbulkan resiko penularan dari berbagai jenis penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS. Tidak hanya itu, pasien juga akan sangat beresiko mengalami penularan penyakit hepatitis B dan juga hepatitis C akibat dari tercampurnya darah dari pemakaian jarum suntik secara bergantian. Melakukan suntik silikon juga dapat menyebabkan seseoarng mengalami abses, pembengkakan yang sangat parah dan bahkan hingga berujung pada kematian.

Untuk dapat menghindari bahaya suntik silikon, alangkah baiknya jika anda lebih memilih alternatif lain yang lebih aman dan sehat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter untuk meminta solusi terbaik untuk menangani keluhan anda terkait untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal sesui harapan.

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai bahaya suntik silikon bagi kesehatan tubuh, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca semua.

Loading...
/* */