7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Alami Dengan Cepat

Cara menghilangkan bau mulut ~ Hari gini apabila mulut masih mengeluarkan bau tak sedap merupakan sebuah siksaan tersendiri bagi sesoerang yang mengalaminya. Betapa tidak..!! Lawan bicara yang akan dihadapi pastinya akan memberikan respon negatif bahkan akan kehilangan modd atau konsentrasi jika tiba-tiba didekati dan diajak bicara oleh si penderita bau mulut. Apalagi jika anda adalah seorang yang memiliki pekerjaan berkaitan dengan interaksi sosial seperti tenaga pemasar, public relation, presenter maupun sekretaris tentu hal ini akan menjadi masalah besar yang harus segera diatasi.

Beberapa produk yang beredar di pasaran juga banyak menawarkan solusi untuk mengurangi atau bahkan melenyapkan bau mulut. Tetapi sebelum melakukan pembelian terhadap produk tersebut, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu beberapa faktor yang dapat menyebakan mulut mengeluarkan bau tak sedap.

penyebab bau mulut

ilustrasi bau mulut

Faktor Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

1. Adanya gigi berlubang atau sariawan

Gigi berlubang merupakan tempat tinggal yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Begitu pula halnya dengan sariawan juga mudah untuk dihinggapi kuman. Tak heran apabila kita temukan orang yang sedang mengalami sariawan atau gigi berlubang mengeluarkan bau mulut tak sedap. Tak lain penyebabnya adalah bakteri yang sedang asyik bersembunyi pada area tersebut.

2. Kelainan atau penyakit pada organ tubuh bagian dalam

Jika sedang sakit, seseorang lebih cenderung mulutnya berbau. Keadaan ini disebabkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh dan menurunnya daya tahan. Wajar kiranya jika kondisi ini terjadi.

3. Kelebihan gas dalam lambung

Pemicu mulut menjadi bau berikutnya adalah produksi asam lambung berlebih yang dapat naik hingga ke tenggorokan. Sebagai contoh dari kelebihan asam lambung, biasanya terdapat pada orang yang bersendawa pasti mengeluarkan bau tak sedap. Sehingga bagi sebagian masyarakat menganggap bahwa sendawa kurang sopan karena bau dan suara yang ditimbulkan. Untuk menghindari jumlah gas berlebih didalam lambung, sebaiknya kontrol menu makanan dan pola hidup. Hal paling mudah, jangan tidur setelah makan atau konsumsi terlalu banyak makanan berlemak dan pedas.

5. Merokok dan minum alkohol

Sudah tentu asap rokok dan bau minuman beralkohol akan tertinggal di dalam rongga mulut yang pada akhirnya akan menimbulkan bau mulut dan nafas tak sedap.

6. Makanan berbau menyengat

Jenis makanan yang tergolong dalam pembahasan ini adalah petai, jengkol, terasi, ikan asin, petis dan beberpa lainnya patut anda hindari jika menghendaki mulut tidak berbau. Boleh saja mengkonsumsinya asalkan tidak dalam jumlah banyak dan segera membersihkan mulut sesudahnya.

7. Faktor keturunan atau genetik

Nah, kalau yang ini memang agak sulit untuk diberantas, karena faktor keturunan. Ya betul, bisa jadi bau mulut akan timbul dari anak yang lahir dari keluarga dimana orang tuanya memiliki permasalahan bau mulut. Hal ini dipicu dari kesamaan jenis kelenjar ludah dan beberapa hormon pendukung lainnya yang terbentuk dari susunan genetik yang sama.

Nah, dengan mengetahui penyebab bau mulut, setidaknya kini bisa diambil beberapa solusi yang sekiranya akan memberikan manfaat secara efektif untuk mengatasi persoalan mulut berbau yang mungkin sedang anda alami. Semua bahan sudah tersedia di alam, kita tinggal memanfaatkan dan memilih yang tepat. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Beberapa bahan alami untuk menghilangkan bau mulut :

1. Menghilangkan bau mulut dengan daun sirih

Daun sirih terkenal sebagai antispetik yang ampuh untuk mengatasi beebrapa persoalan kesehatan. Beberapa wanita menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan. Hal yang sama dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut yaitu dengan cara mengunyah secara rutin. Memang bagi yang belum terbiasa akan merasa tidak nyaman mengunyah sirih. Tetapi coba anda tengok nenek atau kakek yang tinggal di pedesaan dalam bahasa jawa dikatakan nginang justru membuat gigi menjadi kuat dan terhindar dari bau mulut.

2. Senantiasa menjaga kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut cukup dengan menggosok gigi dan berkumur dengan antiseptik saja. Bila anda menghendaki bahan alami sebagai antiseptik dapat digunakan air jeruk nipis maupun air rebusan daun sirih.

3. Gunakan rempah rempah untuk mengatasi bau mulut

Rempah yang umum digunakan sebagai cara mengatasi bau mulut pada masyarakat tradisional adalah cengkeh, adas, kayu manis dan daun peppermint.

4. Perbanyak makanan berserat dan minum air putih secukupnya

Makanan berserat seperti halnya buah dan sayuran berfungsi untuk membantu menetralkan metabolisme di dalam tubuh. Sehingga diharapkan dapat mencegah bau mulut dan permasalahan kesehatan lainnya.

5. Hilangkan kebiasaan konsumsi makanan berbau tajam

Seperti telah dijelaskan diatas, bahwa makanan berbau menyengat akan turut menyumbang munculnya bau mulut anda. Beberapa jenis makanan tersebut adalah bawang putih, jengkol, petai, terasi dan lain sebagainya.

6. Rutin menggosok gigi dan berkumur

Ayo jangan malas menggosok gigi agar mulut senantiasa bersih dan tidak menjadi tempat bersarang bagi kuman dan bakteri.

7. Jangan merokok dan minum alkohol

Sudah barang tentu kedua hal tersebut memberikan lebih banyak kerugian daripada keuntungan bagi kesehatan tubuh. So, hindari sekarang juga sebelum jatuh sakit.

Beberapa tips dan cara sederhana cara menghilangkan bau mulut diatas seringkali diabaikan, sehingga banyak yang mengalami persoalan bau mulut. Kini setelah anda mengetahuinya, segera lakukan agar penampilan anda semakin percaya diri tanpa bau mulut yang menyertai. Kesehatan-kulit.com

Loading...
/* */