Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami

Cara cepat menghilangkan bekas luka lama dengan ramuan alami merupakan suatu tindakan yang tidak sulit. Bekas luka pada kulit memang sedikit mengganggu penampilan, apalagi jika terletak dibagian kulit yang sering terlihat. Bekas luka biasanya muncul karena beberapa sebab, misalnya terkena benda tajam, bekas operasi, terjatuh, luka bakar dan lain sebagainya. Pada orang Asia umumnya bekas luka akan susah hilang, karena kulit orang asia memiliki kandungan melanin yang lebih banyak, sehingga kulit menjadi lebih tebal, hal ini juga membuat bekas luka menjadikan warna kulit lebih gelap.

Selain itu bekas luka yang sering terkena sinar matahari juga akan membuat penanganannya menjadi lebih sulit, karena sinar matahari membuat warna melanin menjadi menghitam. Hal lainnya adalah jika bekas luka terletak pada bagian kulit yang sering bergerak, sehingga membuatnya sering terbuka, misalnya saja pada sikut dan lutut, dengan kontraksi ini membuat sel baru semakin sulit memperbaharui pertumbuhan jaringan baru untuk menutup dan menghilangkan bekas luka.

Tidak bisa dipungkiri dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengalami hal-hal yang mungkin saja membuat kulit kita terluka, misalnya saja luka bakar ataupun terkena pisau saat memasak dan bisa juga terjadi pada anak kecil yang terjatuh saat bermain. Alangkah baiknya jika kita bisa mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan agar luka pada kulit tidak meninggalkan bekas.

cara terbaik menghilangkan bekas luka lama

Tips Merawat Bekas Luka Agar Tidak Semakin Parah

1. Pada saat kulit mengalami luka segera bersihkan area tersebut menggunakan air dingin, dan bersihkan juga kotoran yang menempel pada luka itu. Anda bisa menggunakan cairan antiseptic agar tidak membuat kulit menjadi iritasi. Jangan menggunakan sabun yang bersifat keras, karena akan menunda penyembuhan luka.

2. Gunakan penutup dari kain kasa untuk menutupi bagian kulit yang terluka, karena luka yang tertutup akan terhindar dari adanya bakteri dan kuman. Anda juga bisa mengoleskan cream atau salep untuk mengeringkan luka.

3. Pada saat luka terbentuk, secara alami jaringan tubuh akan bekerja untuk menutup luka tersebut. Sel darah putih akan berupaya untuk membunuh bakteri, dan sel darah merah beserta fibrin membuat jaringan untuk segera menutup luka tersebut. Kejadian ini menimbulkan koreng pada kulit. Maka jangan sekali-kali anda mengorek atau berusaha menghilangkan koreng tersebut, karena hal ini justru akan membuat bakteri dan kuman lebih mudah masuk kembali ke area luka. Biasanya luka yang akan mengering memang akan terasa gatal, usahakan untuk tidak menggaruknya secara kasar karena luka akan terbuka kembali.

Dengan perawatan luka yang baik sebenarnya sudah sangat membantu agar kulit tidak memiliki bekas luka. Tetapi pada beberapa orang tertentu bekas luka juga tetap terjadi terutama bagi mereka yang memiliki sensitifitas tinggi pada jaringan parut.

Obat Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka Lama di Kulit

Mentimun
Cara termudah untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan mentimun. Kandungan airnya membuat kulit akan terasa segar dan dingin, cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan mentimun dengan cara diparut maupun diblender, kemudian kompreskan pada bekas luka selama semalam penuh. Lakukan cara ini setiap hari agar bekas luka bisa cepat hilang.

Madu
Tidak bisa diragukan lagi, madu merupakan bahan alami yang dapat memberikan banyak manfaat, madu juga dapat membantu mengeringkan luka, caranya adalah dengan mengoleskan madu pada bekas luka setiap hari.

Teh hijau
Teh hijau mengandung bahan antioksidan yang sudah tidak diragukan lagi, selain dapat dikonsumsi menjadi minuman yang menyegarkan. Teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka, misalnya pada bekas jerawat. Caranya adalah dengan menyeduh daun teh hijau kemudian gunakan untuk membasuh wajah secara berkala setiap hari. Anda juga bisa memanfaatkan air seduhan teh hijau ini menjadi toner pembersih wajah alami.

Lidah buaya
Lidah buaya adalah daun yang banyak memiliki kandungan vitamin yang berguna untuk memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak akibat luka. Selain untuk perawatan kulit, lidah buaya juga sering dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka secara rutin.

Daun mint
Daun mint sering dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat odol, obat kumur juga obat oles seperti balsam. Daun mint memiliki kandungan yang sangat baik untuk memudarkan bekas luka. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun mint kemudian oleskan pada bekas luka selama beberapa menit.

Daun pare
Pare merupakan jenis tanaman yang memiliki rasa yang sangat pahit. Bukan saja buahnya, tetapi daun pare juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka. Caranya adalah dengan menghaluskan daun pare kemudian oleskan pada bekas luka.

Demikian beberapa cara cepat menghilangkan bekas luka dengan ramuan alami, semoga menginspirasi kita semua untuk tidak terus bergantung pada obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

/* */