12 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Secara Alami

Cara Merawat Kulit Berminyak

Cara Merawat Kulit Berminyak

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak – Banyak yang tidak menginginkan memiliki kulit wajah yang berminyak, karena orang yang memiliki kulit wajah berminyak cenderung memiliki resiko tumbuhnya jerawat lebih banyak dibandingkan dengan jenis kulit kering dan normal. Selain itu, bagi wanita yang memiliki kulit wajah berminyak lebih sulit untuk berias menggunakan make up, karena make up akan cepat luntur akibat produksi minyak berlebih.

Produksi minyak berlebih pada kulit dapat menyebabkan munculnya jerawat, komedo dan juga dapat menjadikan wajah tampak kusam. Minyak yang muncul pada kulit disebabkan oleh karena adanya kelenjar sebaceous yang dapat memproduksi minyak secara berlebihan dan juga sebum yang dapat memicu tumbuhnya jerawat dan komedo. Oleh karena itu, bagi sebagian besar wanita memiliki kulit wajah yang berminyak sangatlah merepotkan.

Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab utama kulit berminyak?

Kulit berminyak disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu :

  • Faktor keturunan (genetik)
  • Penggunaan kosmetik yang tidak cocok
  • Sering tidur larut malam
  • Perubahan hormon
  • Makanan
  • Sering stres
  • Iklim dan cuaca

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk merawat kulit berminyak?

Cara Merawat Kulit Berminyak

Sebenarnya cara merawat kulit beminyak susah-susah gampang, karena pada dasarnya jenis kulit berminyak tidak terlalu banyak memerlukan perawatan. Susahnya, dalam melakukan perawatan kulit berminyak harus lebih telaten dan harus dilakukan dengan rutin dan teratur untuk mengontrol produksi minyak pada kulit khususnya pada kulit wajah.

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan perawatan kulit wajah berminyak, yaitu :

  1. Mencuci muka dengan teratur

Banyak orang yang beranggapan jika kulit berminyak harus sering mencuci muka untuk mengurangi produksi minyak, namun pada kenyataannya terlalu sering mencuci muka dapat meningkatkan produksi minyak berlebih. Cukup mencuci wajah 2-3 kali sehari tergantung tingkat aktivitas anda, jika anda sering melakukan aktivitas diluar rumah dan memakai make up, maka anda bisa mencuci wajah anda 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang dan malam sebelum tidur. Pastikan anda menggunakan pencuci wajah yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit berminyak, sehingga produksi minyak dapat terkontrol dengan baik.

  1. Gunakan pelembab khusus

Memiliki kulit wajah berminyak bukan berarti anda tidak membutuhkan pelembab, krim pelembab wajah juga sangat dibutuhkan oleh kulit wajah yang berminyak untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit dengan maksimal. Namun jangan salah memilih produk krim pelembab wajah, pilih pelembab wajah yang khusus untuk jenis kulit berminyak. Untuk mendapatkan pelembab terbaik untuk kulit berminyak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit agar mendapatkan produk terbaik.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan berminyak

Terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dapat meningkatkan produksi minyak berlebih pada wajah kita. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari makanan-makanan yang mengandung minyak seperti goreng-gorengan dan makanan berlemak agar kulit wajah anda tidak semakin mengkilap. Ganti makanan berminyak dengan jenis makanan yang bernutrisi baik untuk kulit agar dapat mengendalikan produksi minyak berlebih.

  1. Gunakan tabir surya

Cuaca panas dapat memicu produksi minyak berlebih yang bertujuan untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Bagi anda yang sering beraktivitas diluar rumah, maka sebaiknya gunakan krim tabir surya yang cocok dengan jenis kulit anda selama beraktivitas agar kulit wajah anda selalu terlindungi dari sengatan matahari secara langsung.

  1. Perbanyak minum air putih

Minum air putih dalam jumlah cukup mampu mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Maka dari itu, perbanyak minum air putih setiap harinya jika anda memang sangat suka mengkonsumsi makanan berminyak.

  1. Meminimalkan penggunaan make up

Wanita yang memiliki kulit wajah berminyak tidak baik melakukan riasan-riasan memakai make up secara berlebihan, karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit wajah yang dapat memicu produksi minyak berlebih. Maka dari itu, gunakanlah make yang ringan dan seperlunya saja. jika memang diperlukan, gunakan produk BB Cream sebagai pengganti dari produk foundation dan pilih produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

  1. Gunakan bedak tabur

Jenis bedak yang paling baik untuk kulit berminyak yaitu bedak dengan tekstur yang rngan, pemakaian bedak padat dapat dapat menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat dan menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo. Maka dari itu, jika anda mencari bedak yang cocok untuk kulit berminyak sebaiknya piluh jenis bedak tabur dengan tekstur yang ringan.

  1. Jangan menggosok wajah

Umumnya banyak orang yang sering menggosok wajah dengan handuk setiap selesai mandi atau cuci muka. Padahal kebiasaan tersebut sangat tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan wajah berjerawat, iritasi dan juga kemerahan. Cukup dengan menepuk-nepuk wajah dengan handuk secara perlahan ketika akan mengeringkan wajah.

  1. Gunakan kertas minyak

Ketika kulit wajah tampak mengkilap, maka anda jangan langsung mencuci wajah apalagi jika bukan waktunya untuk mencuci wajah dengan sabun. Anda bisa menggunakan kertas minyak untuk menghilangkan minyak di wajah, caranya cukup menempelkan kertas minyak pada wajah anda dan diamkan selama beberapa menit sampai minyak terserap seluruhnya pada kertas tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari penggunaan pencuci wajah secara berlebihan.

Cara Merawat Kulit Berminyak Secara Alami

Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa melakukan perawatan kulit berminyak secara alami. Ada banyak bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah, diantaranya yaitu :

  1. Gunakan Mentimun
Mentimun

Mentimun

Bahan alami yang satu ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai lalapan saja, tetapi juga sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah berminyak. Cara pemakaiannya sangat mudah, haluskan mentimun secukupnya dengan menggunakan blender. Setelah itu, berseihkan terlebih dahulu wajah anda dengan air hangat. Gunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin. Manfaat mentimun untuk kulit wajah yaitu dapat mengendalikan produksi minyak berlebih dan juga menyegarkan kulit wajah kusam.

  1. Gunakan Jeruk Lemon

Cara Mencerahkan Wajah Dengan Lemon

Manfaat lemon untuk kulit wajah yaitu dapat mengatasi kulit wajah berminyak, membersihkan komedo, mengangkat sel kulit mati dan juga dapat mencerahkan kulit wajah kusam. Maka tak heran jika jus lemon sangat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh kulit berminyak.

  1. Gunakan gel lidah buaya
Gel Lidah Buaya

Gel Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya juga tidak kalah ampuh untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah yang disebabkan oleh minyak berlebih seperti komedo, jerawat dan juga kulit wajah kusam. Caranya sangat mudah, siapkan 1 batang tanaman lidah buaya, lalu kupas kulitnya dan ambil gel lidah buayanya. Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan air hangat. Setelah itu, oleskan gel lidah buaya tersebut secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah, diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih dengan air dingin.

Bagaimana, sangat mudah kan?

Itulah beberapa cara merawat kulit berminyak. Penggunaan bahan-bahan alami diatas juga tidak kalah ampuh dengan menggunakan produk perawatan wajah berminyak yang beredar dipasaran, hanya saja memerlukan kesabaran dan ketelatenan dalam menjalaninya.

Selamat mencoba dan sampai jumpa.

Loading...
/* */