Ciri-Ciri, Penyebab Penyakit Demam Berdarah Dan Cara Pencegahannya

Penyebab Penyakit DB – Sebelum mengetahui apa saja yang menjadi penyebab penyakit demam berdarah, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu penyakit demam berdarah. Penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ) merupakan penyakit endemis di Indonesia yang sampai saat ini masih merupakan masalah utama bagi kesehatan masyarakat.

 

Penyakit Demam Berdarah di sebabkan oleh infeksi virus Dengue yang akut dan ditandai dengan panas seperti masuk angin mendadak selama 2 sampai 7 hari tanpa sebab yang jelas disertai dengan manifestasikanperdarahan, kadang disertai muntah darah, kesadaran menurun, berak darah, dan shok.

 

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

Penyebab Penyakit Demam Berdarah

 

Penyebab penyakit demam berdarah:

 

Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang menyebabkan terjadinya gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem sirkulasi pembekuan di dalam darah, sehingga mengakibatkan perdarahan-perdarahan. Tokoh utama yang berperan dalam penularan penyakit ini adalah nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

 

Ciri-Ciri Nyamuk DBD :

• Sulit ditangkap karena mereka bergerak sangat cepat, melesat maju dan mundur.

• Mereka sering menggigit pada pagi atau siang hari.

• Bersembunyi di bawah perabotan dan sering menggigit orang di sekitar kaki atau pergelangan kaki.

• Gigitan dari nyamuk ini relatif tidak teralu sakit, sehingga orang mungkin tidak melihat mereka sedang tergigit namun akibat dari gigitan nyamuk ini yang berbahaya.

 

Nyamuk penyebab penyakit demam berdarahlebih memilih untuk beristirahat di daerah cukup gelap. Tempat beristirahat yang ia sukai berada di bawah tempat meja, tidur, dan kursi, di lemari pakaian atau lemari, di tumpukan cucian kotor dan sepatu di dalam wadah terbuka, di ruang yang lumayan tenang dan gelap, dan bahkan pada objek gelap seperti pakaian atau perabotan rumah tangga yang lainnya.

 

Nyamuk penyebab penyakit demam berdarah juga mempunyai julukan ‘kecoa nyamuk’ karena benar-benar susah di jinakkan dan lebih memilih untuk tinggal di sekitar kampung penduduk. Mereka berkembang biak bukan di rawa-rawa atau saluran air yang lainnya, dan sangat jarang menggigit pada waktu malam hari.

 

 Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Cara Mengatasinya

 

Gejala Demam Berbarah

Gejala Demam Berbarah

 

Gejala penyakit demam berdarah :

 

1. Demam yang mendadak tinggi 2-7 hari kurang lebih berkisar 38 sampai 40 derajat celcius.

2. Pada pemeriksaan tampak adanya jentik-jentik perdarahan.

3. Adanya bentuk perdarahan dikelopak mata bagian dalam atau konjungtiva, mimisan, buang air besar dengan kotoran berupa lendir yang bercampur dengan darah, dan gejala lainnya.

4. Terjadinya pembesaran hati.

5. Pada pemeriksaan laboratorium (darah) hari ke 3 sampai7 terjadi penurunan trombosit , terjadi peningkatan nilai Hematokrit diatas 20% dari nilai yang normal.

6. Timbulnya beberapa gejala klinik yang menyertai seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, menggigil, kejang, diare, dan sakit kepala.

7. Mengalami perdarahan pada hidung atau disebut mimisan dan pada area gusi.

8. Demam yang dirasakan penderita menyebabkan keluhan pegal-pegal maupun sakit di persendian.

9. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit akibat pecahnya pembuluh darah.

 

Ada beberapa cara yang sangat efektif dalam mencegah penyakit DBD dari melalui metode pengontrolan atau pengendalian vektornya adalah:

 

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Cara Mengatasi dan Mencegah Penyakit Demam Berdarah

 

1. Pemberantasan sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah, modifikasi tempat pengelolaan sampah padat,. perkembangbiakan nyamuk hasil samping kegiatan manusia, dan perbaikan desain rumah yang kurang layak.

2. Pemeliharaan ikan pemakan jentik seperti ikan adu dan ikan cupang, pada tempat air kolam, dan bakteri (Bt.H-14).

3. Pengasapan atau fogging yang menggunakan malathion dan fenthion.

4. Memberikan bubuk abate pada bagian tempat penampungan air seperti, gentong air, vas bunga, kolam, dan tempat penampungan lain yang kemungkinan menjadi sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.

 

Cukutp menarik sekali ulasan yang kali ini kami sampaikan kepada anda. Ulasan terbaru kami yang bertajuk Ciri -Ciri, Penyebab Penyakit Demam Berdarah Dan Cara Pencegahannya diatas tersebut Semoga bisa memberikan manfaat dan menginspirasi kesehatan anda.

 

Sahabat, apakah anda sudah mengetahui apa saja kebaikan, manfaat dan khasiat dari putih telur ? Ketahuilah jika begitu banyak manfaat yang didapatkan dari putih telur untuk kesehatan. Baca ulasan lengkapnya di Khasiat Putih Telur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan yang sangat cocok untuk kaum wanita.

Loading...
/* */