Faktor Penyebab Radang Paru Paru

Penyebab Radang Paru Paru – Penyebab radang paru paru yang utamaadalah adanya infeksi dari bakteri atau virus dan jarang dijumpai disebabkan oleh prasit dan fungsi.Faktor risiko dan kondisi yang memengaruhi radang paru-paru mencakup: merokok , mengkonsumsi alkohol. Penggunaan obat-obatan yang bersifat menekan zat asam seperti penghambat pompa proton atau penyekat H2 yang dikaitkan dengan peningkatan resiko radang paru-paru. Seseorang dengan usia lanjut juga biasanya mengalami radang paru-paru.

 

Penyebab Radang Paru Paru

Penyebab Radang Paru Paru

 

Penyebab radang paru paru yaitu meliputi :

 

– Bakteri

Bakteri adalah penyebab radang paru-paru yang paling umum dari radang paru-paru di masyarakat. Bakteri lain yang umum di isolasi mencakup termasuk: Haemophilus influenzae di dalam 20% kasus, Chlamydophila radang paru-paruedi dalam 13% , dan Mycoplasma radang paru-paruedi dalam 3% kasus, Moraxella catarrhalis, Staphylococcus aureus, Legionella pneumophiladan balsium.

 

Sejumlah jenis dari kekebalan obat yang berinfeksi di atas semakin umum dijumpai, termasuk Streptococcus radang paru-parue kebal obat dan Staphylococcus aureus yang cukup kebal terhadap metisilin. Merokok mempermudah pengaruh dari Streptococcus radang paru-parue, Moraxella catarrhalis,dan Legionella pneumophila.

 

Bakteri yang asosiasikan dengan Chlamydia psittaci, Coxiella burnetti, teraspirasi di dalam perutyang berupa organisme anaerobik, dan fibrosis kistik dengan Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa. Streptococcus radang paru-paru lebih sering dijumpai pada musim dingin, seseorang yang menghirup sejumlah besar organisme anaerobik.

 

Penyebab Penyakit Radang Paru Paru

Penyebab Penyakit Radang Paru Paru

 

– Virus

Virusyang bertanggungjawab atas sekitar sepertiga kasus dalam radang paru-paru orang dewasadan pada anak-anak. Penyebab radang paru paru yang biasanya terkait mencakup: rhinovirus, coronavirus, virus sinsitium pernapasan, virus influenza, adenovirus, dan parainfluenza.

 

Virus berjenis herpes simpleks jarang menyebabkan radang paru-paru, terkecuali dalam kelompok seperti bayi baru lahir, penerima transplantasi, penderita kanker, dan penderita luka bakar yang lumayan parah. Orang yang menjalani transplantasi organ atau yang mempunyai respon imun lemah menunjukkan tingkat radang paru-parucytomegalovirus yang jugs termasuk cukup tinggi.

 

Para penderita infeksi virus dapat terinfeksi secara sekunder dengan bakteri Staphylococcus aureus, Streptococcus radang paru-parue, atau Haemophilus influenzae, khususnya ketika yang disertai masalah kesehatan lain. Virus ini berbeda mendominasi masa yang berbeda dalam setahun, sebagai contoh selama musim dingin virus influenza yang bertanggungjawab atas lebih dari separuh penyebab virus yang terjadi.

 

Ciri Ciri Gejala Penyakit Radang Paru Paru

 

Ciri Ciri Penyakit Radang Paru Paru

Ciri Ciri Penyakit Radang Paru Paru

 

– Fungi

Penyebab radang paru paruberupa jamur sekarang jarang dijumpai, namun lebih sering muncul pada individu yang menderita sistem kekebalan yang cukup lemah akibatpenyakit AIDS atau HIV, obat penekan kekebalan atau masalah medis lainnya. Jenis ini paling sering disebabkan oleh Pneumocystis jiroveci, Histoplasma capsulatum, blastomyces, Cryptococcus neoformans, , dan Coccidioides immitis.

 

Histoplasmosis paling sering terjadi di lembah Sungai Mississippi, dan coccidioidomycosis paling sering dijumpai di Barat Daya Amerika. Sejumlah penyakit meningkat di paruh kedua abad ke-20 akibat semakin seringnya orang melakukan perjalanan dan meningkatnya supresi kekebalan tubuh dalam populasi.

 

– Parasit

Beragam parasit dapat menjadi penyebab radang paru paru, bisa meliputi parasit Toxoplasma gondii, Ascaris lumbricoides, Strongyloides stercoralis dan Plasmodium malariae. Berbagai macam parasit organisme ini biasanya memasuki tubuh melalui kontak langsung dengan pencernaan,kulit, atau melalui serangga.

 

Kecuali untuk parasit Paragonimus westermani, kebanyakan parasit yng tidak secara khusus menginfeksi paru-paru tetapi melibatkan paru-paru sebagai tempat sekunder di bandingkan tempat yang lainnya.

 

Sebagian parasit, khususnya yang termasuk Strongyloides dan genera Ascaris,yang merangsang timbulnya reaksi eosinofilik yang kuat, dan dapat mengakibatkan radang paru-paru eosinofilik. Dalam infeksi parasit yang lainnya. Seperti malaria, keterlibatan paru-paru terutama akibat inflamasi sistemik yang diinduksi oleh sitokin.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang penyebab penyakit radang paru paru. Setelah anda mengetahui bagaimana ulasan lengkap penyebab radang paru-paru diatas tersebut maka anda bisa membaca ulasan yang tidak kalah bermanfaatnya yakni Penyebab Flek Paru-Paru yang beberapa waktu lalu kami bahas bersama.

 

Terima kasih dan informasi tersebut semoga bermanfaat untuk anda serta memberikan referensi terbaru untuk anda. Selalu menjaga kesehatan anda dengan pola hidup sehat agar senantiasa sehat dan jauh dari penyakit.

/* */