Hindari Penyebab Penyakit Anemia Berikut Ini

Penyebab penyakit anemia – Sebagian besar tubuh kita terdiri dari darah. Darah sangat penting bagi tubuh kita, karena nutrisi yang terdapat pada makanan akan dialirkan oleh darah ke seluruh tubuh kita.  Oleh karena itu, jika terdapat gangguan pada darah, akan membuat tubuh menjadi lemah.

 

Zat yang menjadi sumber tenaga terdapat pada darah yang akan terdapat pada seluruh organ dengan bantuan darah untuk mengaliri. Darah diproduksi oleh jantung. Sehingga jumlah besar sedikitnya darah tergantung pada jantung. Jika jantung terdapat gangguan akan membuat darah terganggu juga dan akan berlampias pada tubuh kita.

 

penyebab penyakit anemia

 

Salah satu darah yang terdapat pada tubuh adalah sel darah merah. Sel darah ini dapat mengalami masalah yaitu anemia. Penyebab penyakit anemia adalah tubuh kekurangan sel darah merah atau produksi eritrositdan hemoglobin di bawah normal. Hemoglobin ini mempunyai fungsi mengikat oksigen di dalam tubuh. Dan jika tubuh kekurangan hemoglobin, sel – sel yang terdapat dalam tubuh akan kekurangan oksigen.

 

Penyebab penyakit anemia yang lainnya :

 

  • Tubuh Kekurangan Zat besi.

Pembentukan sel darah merah akan baik jika hemoglobin yang dihasilkan oleh tubuh cukup. Dengan zat besi yang cukup akan membuat tubuh menghasilkan hemoglobin yang cukup. Dan jika zat besi di dalam tubuh kurang akan menyebabkan hemoglobin yang dihasilkan sedikit yang akan berimbas pada pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi ini merupakan penyebab penyakit anemia yang paling utama.

 

  • Tubuh Kekurangan Vitamin.

Vitamin B12 dan folat merupakan vitamin yang menghasilkan sel darah merah yang sehat. Kekurangan vitamin b12 dan juga asam folat bisa menjadi penyebab penyakit anemia. Biasanya anemia karena kekurangan vitamin menyerang orang yang sedang menjalani diet. Karena turunnya sel darah merah dapat terjadi bila kekurangan vitamin ini.

 

  • Terdapatnya Penyakit Tertentu.

Seseorang yang terserang anemia karena terdapatnya penyakit lain di dalam tubuh akanmembuat sang penderita mengalami anemia kronis. Beberapa penyakit yang menjadi penyebab penyakit anemia adalah penyakit HIV, AIDS, rheumatoid arthritis dan kanker.

 

  • Adanya Infeksi Dan Pemakaian Obat.

Anemia aplastik adalah anemia yang di sebabkan adanya infeksi dan penggunaan bermacam obat. Anemia yang di sebabkan oleh penyebab penyakit anemia ini sangat langka dan anemia ini dapat mengancam jiwa penderitanya.

 

  • Karena Tubuh Kehilangan Darah.

Anemia sangat identik dengan kehilangan darah.Beberapa kondisi kehilangan darah yang dapat menyebabkan anemia adalah kanker, polip, penyakit maag dan menstruasi pada perempuan.

 

Leukemia atau yang biasa disebut kanker darah dapat menyebabkan anemia. Karena leukemia akan mengurangi jumlah produksi darah di dalam sumsum tulang. Penyebab penyakit anemia adalah berkurangnya produksi darah dalam tubuh.

 

Anemia dapat terjadi karena warisan dari orang tua maupun nenek moyang. Contoh anemia karena turunan adalah talasemia dan anemia sel sabit.

 

  • Pembesaran limpa.

Sel darah merah akan hancur sebelum waktunya karena terjebak di pembesaran limpa.

 

  • Penyakit hati.

Gangguan pada hati juga dapat menyebabkan anemia. Penyakit hati yang dapat menyebabkan anemia adalah liver kronis. Penyakit ginjal juga dapat memicu terjadinya anemia.

 

Itulah beberapa penyebab penyakit anemia, semoga dengan mengetahui penyebab – penyebab penyakit anemia akan membuat anda terhindar dari penyakit anemia tersebut. Karena jika di biarkan penyakit anemia dapat menimbulkan kematian. Oleh karena itu hindarilah penyebab penyakit anemia.

 

Sehingga anda akan dapat beraktivitas dengan baik.  Semoga informasi di atas bisa memberikan tambahan wawasan dan juga menginspirasi kesehatan tubuh anda. Baca juga ulasan terbaru dari kami yakni ” Penyebab Kaki Kram Pada Saat Berolahraga ” yang kami ulas beberapa waktu untuk anda para pembaca setia kami. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

/* */