Kenali Faktor Penyebab Penuaan Dini

Penyebab Penuaan Dini ~ Penuaan dini merupakan sebuah kondisi dimana kulit maupun wajah terlihat lebih tua daripada usia yang semestinya. Hal ini biasanya terjadi pada kulit yang memiliki karakteristik kering, Mengapa kulit kering ? karena kelenjar sebum pada kulit kering memproduksi sedikit sekali minyak yang berguna untuk melembabkan serta melindungi kulit dari bahaya polusi serta radikal bebas.

Sebagai lapisan terluar dari tubuh, kulit memiliki banyak peranan penting sebagai pelindung. Dalam upaya melakukan perlindungan inilah, kulit akan mengalami berbagai macam proses, seperti halnya pelepasan lapisan sel kulit ari yang telah mati serta membentuk lapisan tanduk yang terjadi secara terus-menerus. Selain itu kulit juga berperan untuk memberikan kenyamanan pada tubuh dengan mengatur suhu tubuh dan melindungi dari bahaya sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari.

Berbicara mengenai penuaan dini, tidak terlepas dari peranan kelenjar palit yang memproduksi sebum atau minyak yang sangat berguna bagi kelembaban kulit. Pada bagian kelenjar palit terdapat gelembung kecil berujung pada folikel yang bertugas mengeluarkan lemak serta memberi minyak pada lapisan kulit

Beberapa tanda yang umumnya muncul ketika seseorang mengalami penuaan dini adalah timbulnya kelelahan pada kulit, kulit kering bersisik dan kasar disertai dengan keluarnya noda hitam atau flek. Pertanda seperti ini biasanya dapat diduga bahwa kulit mengalami masalah dengan kelenjar palit atau memang sedang mengalami penyakit tertentu. Sehingga diperlukan pemeriksaan secara medis terlebih dahulu untuk memastikan kebenarannya.

Kenali Faktor Penyebab Penuaan Dini

penuaan dini pada kulit

Faktor Internal :

1. Keturunan

Kulit kering dan bersisik dapat dialami seseorang sebagai bagian dari keturunannya. Dengan demikian faktor genetik dan hormonal tidak terpisahkan pada kategori tersebut. Untuk mengatasinya diperlukan terapi serta perawatan kulit dan wajah secara intensif. Beberapa vitamin dan asupan makanan yang mengandung vitamin C dan zat nutrisi lainnya dapat membantu mengurangi penuaan dini akibat faktor keturunan tersebut.

2. Kesehatan dan daya tahan tubuh

Seseorang dapat terlihat lebih tua dengan banyak keriput di wajahnya bisa jadi karena daya tahan tubuh yang sedang terganggu. Tak dapat dihindarkan bahwa hal ini merupakan sebuah dampak buruk dari kondisi kesehatan yang kurang baik. Pencegahan pada satu penyakit dan pengobatan secara tepat akan mengembalikan kondisi tubuh sekaligus kekencangan kulit. Relaksasi merupakan salah satu cara mudah untuk mengembalikan kondisi kulit setelah mengalami sakit.

Baca : cara menghilangkan keriput di wajah

3. Kondisi kejiwaan akibat stress

Stress juga dapat menjadi salah satu faktor dominan seseorang mengalami penuaan dini. Beban kerja maupun masalah yang menumpuk akan mempngaruhi perasaan dan terbawa suasana yang tidak menyenangkan. Hal ini akan berakibat negatif terhadap air muka dan penampilan terlihat lelah, kusam dan tidak semangat. Solusinya cukup anda berserah diri pada Tuhan. Yakinilah bahwa segala permasalahan pasti akan ada solusinya. Gunakan untuk beribadah dan terapi yoga supaya lebih tenang dan tampak lebih awet muda.

Selain adanya faktor internal, kondisi di lingkungan juga memberi banyak pengaruh bagi seseorang mengalami proses penuaan dini. Beberapa faktor penyebab penuaan dini tersebut antara lain adalah :

1. Radikal bebas

Radikal bebas adalah salah satu penyebab terjadinya penuaan dini. Radikal bebas merusak jaringan kolagen dan sel didalam tubuh sebagai akibat dari adanya polusi udara, asap knalpot, sinar matahari yang menyengat serta penggunaan bahan kimia didalam makanan maupun beberapa bahan sandang lainnya. Tak dapat dipungkiri bahwa kehidupan masyarakat modern kini tidak lepas dari pemakaian bahan kimia yang dicampur dalam produk apapun, sehingga kita sebagai individu harus cerdas menyeleksi yang terbaik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu zat yang bertugas untuk melawan radikal bebas adalah antioksidan yang dapat ditemui pada sayuran dan buah-buahan segar. Apel. strawberry, anggur dan makanan berserat lainnya sangat baik dikonsumsi untuk mencegah radikal bebas.

2. Sinar matahari

Gunakan tabir surya untuk mengatasi sinar matahari yang menyengat, karena efek buruk dari pancaran ultraviolet dapat membakar kulit serta menyebabkan kulit keriput. Bagaimanapun juga, perawatan kulit merupakan hal mutlak yang harus dilakukan untuk mempercantik penampilan.

3. Kelembaban udara

Kelembaban kulit harus diperhatikan dengan mengoleskan handbody maupun cream tabir surya yang mengandung zat SPF (Sun Protection Filter). Dikarenakan kulit yang kurang lembab juga menjadi faktor eksternal dalam mendukung terjadinya penuaan dini.

Loading...
/* */