Kenali Penyebab Buta Warna Sejak Dini

Penyebab buta warna – Salah satu organ yang penting dalam tubuh adalah mata.Dengan mata kita dapat melihat segala sesuatu yang ada di dunia. Dan jika mata sudah rusak, kita tidak dapat melihat dengan sempurna.Apalagi jika mata mengalami kebutaan, ini akan membuat sang penderita merasa gelap dan tidak mengetahui letak barang yang ada di depannya. Dan orang yang mengalami kebutaan akan mengalami kesusahan dalam berjalan, ini dikarenakan tidak dapat melihat jalan. Oleh karena itu kesehatan mata harus di jaga dengan benar.

Buta Warna

Buta Warna

Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada mata adalah buta warna.Buta warna tidak seperti buta total, penderita buta warna masih dapat melihat seluruh yang ada di dunia dengan ke dua mata.

 

Apa yang dimaksud dengan buta warna ?

 

Buta warna adalah di mana suatu spectrum warna tidak dapat di tangkap oleh sel-sel kerucut mata karena terdapat kelainan.Penderita buta warna tidak dapat membedakan perpaduan warna.

 

Apa saja jenis dari buta warna ?

 

  • Buta warna total. Penderita dengan buta warna total tidak dapat melihat warna lain, kecuali warna putih dan warna hitam. Buta warna total jarang di temukan.
  • Buta warna parsial. Berbeda dengan buta warna total, penderita buta warna parsial hanya tidak dapat melihat beberapa warna saja. Ini dikarenakan retina mengalami kekurangan pigmen. Buta warna yang paling sering terjadi adalah gabungan warna merah dan hijau.

 

Apa Saja Penyebab Buta Warna ?

Penyebab Buta Warna

Penyebab Buta Warna

Penyebab Buta Warna #1 : Gen dan Kromosom

Sebagian besar gen yang berperan pada buta warna terdapat pada kromosom X. Oleh sebab itu laki – laki lebih beresiko terkena buta warna daripada perempuan. Ini dikarenakan buta warna timbul dari 19 gen dan kromosom yang berbeda.

 

Penyebab Buta Warna #2: Genetik

Buta warna di peroleh saat masa kecil atau sudah dewasa.Buta warna merupakan penyakit genetik.Jadi buta warna dapat terjadi karena orang tuanya mengalami buta warna juga. Biasanya buta warna di turunkan oleh ayah maupun saudara laki – laki, ini dikarenakan buta warna banyak terdapat pada kromosom X.

 

Penyebab Buta Warna #3: Sel Retina

Orang yang menderita buta warna biasanya memiliki perbedaan daya tangkap dengan orang lain. Ini dikarenakan jumlah sel pada retina berkurang.

 

Penyebab Buta Warna #4 : Penyakit Lain

Buta warna dapat terjadi karena anda memiliki penyakit lain di dalam tubuh. Ini dikarenakan bermacam penyakit tersebut sulit untuk mencerna berbagai macam warna. Penyakit – penyakit tersebut antara lain : diabetes, glaucoma, katarak dll.

 

 Baca juga : Cara Menghilangkan Panu di Wajah

 

Penyebab Buta Warna #5 : Usia

Semakin bertambahnyausia akan membuat fungsi mata menjadi lemah oleh karena itu mata akan mengalami kekurangan dalam menangkap daya lihat. Semakin bertambahnyausia resiko buta warna akan semakin besar.

 

Penyebab Buta Warna #6 : Kecelakaan

Buta warna dapat terjadi karena lobusoksipital mengalami pembengkakan karena kecelakaan.

 

Penyebab Buta Warna #7 : Kekurangan Pigmen

Sel-sel kerucut mata tidak dapat menangkap spectrum suatu warna, karena kekurangan pada pigmen.

 

Jika anda mengalami kebingungan ketika memilih atau melihat warna sebaiknya langsung konsultasi kepada dokter, sekecil apapun kebingungan anda.Jika anak anda mengalami hal yang sama anda juga harus segera membawanya ke dokter, agar dapat di atasi sejak dini. Karena jika buta warna di biarkan saja akan menimbulkan kebutaan total. Semoga penjelasan mengenai penyebab buta warna bisa bermanfaat.

/* */