11 Obat Jerawat Alami Pria dan Wanita Yang Paling Manjur

Obat Jerawat Alami Yang Paling Manjur

Obat Jerawat Alami Yang Paling Manjur

Aneka Bahan untuk Obat Jerawat Alami – Sudah merupakan hal yang umum jika masalah kulit seperti jerawat seringkali membuat orang yang mengalaminya merasa bingung karena sulit menghilangkannya dengan cepat. Terlebih lagi, akan sangat mengganggu penampilan jika jerawat tersebut muncul di area wajah atau tubuh yang terlihat. Karena itu, untuk mengatasinya pada informasi kali ini ada beberapa bahan untuk obat jerawat alami yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami memang sangat beragam. Karena itu, berikut ini ada beberapa bahan umum yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Daftar Obat Jerawat Alami yang Sering dipakai

1. Sari lemon

Obat jerawat alami juga bisa dibuat dengan air sari lemon yang mengandung asam nitrat dan vitamin C. Kedua zat tersebut merupakan komponen penting untuk mengatasi jerawat sekaligus membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan air sari lemon yang dicampur dengan sedikit yogurt. Setelah dicampur rata, bahan tersebut kemudian dioleskan ke seluruh bagian wajah dengan menggunakan kapas bersih. Setelah didiamkan beberapa saat hingga kering, wajah kemudian dibilas menggunakan air bersih.

2. Kentang

Apabila di tempat penyimpanan makanan terdapat kentang, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi kulit wajah yang berjerawat. Kandungan kimia alami seperti fosfor, kalium, dan sulfur dalam kentang akan membantu memicu regenerasi sel kulit baru yang berjerawat. Cara pemanfaatan kentang untuk mengatasi jerawat tersebut bisa dilakukan dengan memarut kentang yang telah dikupas dan dicuci. Parutan tersebut kemudian dioleskan dan didiamkan selama 15 menit ke area wajah. Setelah itu, wajah dibilas menggunakan air hangat.

3. Ramuan stroberi dan madu

Obat jerawat alami dari ramuan buah stroberi dan madu juga bisa Anda coba. Asam salisilat yang terdapat dalam buah stroberi bermanfaat untuk mengatasi sumbatan komponen jerawat di area pori sekaligus menetralisir bakteri penyebab jerawat. Untuk membuat ramuan alami ini, Anda perlu membersihkan 3 buah stroberi dengan air bersih terlebih dahulu sebelum dicampur dan dihaluskan bersama 2 sendok makan madu. Campuran bahan tersebut kemudian dioleskan pada wajah berjerawat yang telah dibersihkan. Setelah dibiarkan sekitar 20 menit, wajah yang diolesi campuran stroberi dan madu kemudian dibersihkan dengan air bersih.

4. Scrub gula

Jika di rumah ada persediaan gula, Anda bisa membuatnya untuk dibuat sebagai scrub. Gula putih yang dapat membersihkan pori dan penumpukan sel kulit mati bisa dicampur dengan madu dan minyak zaitun untuk mengatasi masalah jerawat. Bahan tersebut juga bisa ditambahkan dengan gula merah, 2-3 sdm garam, ekstrak vanili, dan kacang vanili. Setelah semua bahan dicampur, scrub tersebut dioleskan ke area wajah dan didiamkan selama kira-kira 20 menit. Langkah terakhirnya adalah dengan membersihkan dan membilas wajah yang diolesi scrub tersebut. Pada langkah di atas, kacang vanili yang dimanfaatkan sebaiknya dikupas terlebih dahulu. Selain itu, minyak zaitun sebaiknya juga dicampurkan terakhir setelah semua bahan lainnya dimasukkan.

5. Lidah buaya

Obat jerawat alami dari lidah buaya atau aloe vera juga bisa Anda coba. Gel lidah buaya yang mengandung zat anti inflamasi dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat yang sulit hilang di area wajah. Untuk memanfaatkan lidah buaya, Anda hanya perlu mengupas kulit lidah buaya untuk diambil gelnya yang berwarna bening transparan. Sebelum dioleskan ke area wajah, Anda dapat membersihkan wajah terlebih dahulu. Gel yang bersih dari getahnya kemudian dapat dioleskan ke wajah dan dibiarkan selama 20 menit. Setelah itu, wajah bisa dibilas dengan air hangat.

6. Kulit pisang

Kulit pisang merupakan salah satu bahan yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena kandungan lutein di dalamnya yang dapat mengatasi peradangan dan pembengkakan saat jerawat muncul. Selain itu, bahan ini juga dapat membantu regenerasi sel-sel kulit baru yang rusak akibat jerawat. Untuk mengatasi jerawat dengan bahan ini, Anda hanya perlu mengoleskan kulit pisang jenis apa saja ke wajah yang berjerawat. Setelah didiamkan selama kurang lebih 30 menit, Anda bisa membilas wajah dengan air bersih.

7. Ramuan alpukat dan madu

Seperti yang kita tahu, buah alpukat merupakan salah satu buah yang bagus untuk kesehatan termasuk kulit. Vitamin dan mineral dari buah ini akan menjadi obat jerawat alami yang manjur dan efektif. Agar hasilnya maksimal, Anda juga bisa menambahkan madu yang bermanfaat untuk melembabkan kulit. Pasta hasil campuran buah alpukat dengan madu hanya perlu dioleskan ke area yang berjerawat seperti saat Anda menggunakan masker. Wajah yang diolesi pasta tersebut kemudian dapat dibilas dengan air bersih setelah didiamkan sekitar 15 menit.

8. Pasta kulit jeruk

Untuk mengatasi jerawat, Anda juga bisa menggunakan bahan kulit jeruk untuk dibuat menjadi pasta alami. Kandungan vitamin C dalam kulit jeruk dapat menghilangkan jerawat sekaligus meremajakan sel-sel kulit. Untuk membuat pasta kulit jeruk, Anda hanya perlu menghaluskan kulit jeruk bersama air hangat dengan cara diblender. Setelah itu, Anda harus mempersiapkan wajah dengan cara membersihkannya dengan air bersih kemudian mengelapnya dengan handuk bersih. Pasta kemudian dioleskan ke wajah dan dibiarkan selama 20-25 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih.

9. Oatmeal

Selain dikonsumsi, oatmeal juga bisa dimanfaatkan untuk penggunaan luar seperti jerawat. Untuk memanfaatkan bahan ini, Anda hanya perlu mencampur oatmeal dengan air panas dan mencampurnya dengan 2 sendok makan madu ke dalamnya. Setelah didinginkan, oatmeal tersebut dapat dioleskan ke seluruh area wajah terutama di bagian yang terkena jerawat. Setelah didiamkan selama kurang lebih 25 menit, wajah dibilas menggunakan air hangat.

Baca Juga : 

10. Ramuan teh hijau

The hijau atau green tea merupakan bahan yang tidak hanya memberikan aroma relaksasi namun juga dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Untuk membuat obat alami ini, Anda hanya perlu memasukkan daun teh hijau ke dalam mangkuk dan seduh dengan air panas. Setelah didiamkan beberapa saat, aplikasikan ramuan tersebut ke area wajah dengan menggunakan kain bersih atau kapas kecantikan.

11. Ramuan kayu manis dan madu

Obat jerawat alami yang terakhir adalah dengan memanfaatkan kayu manis dan madu. Ramuan kedua bahan ini dapat digunakan untuk mengatasi jerawat sekaligus sebagai antibiotik terhadap bakteri yang juga dapat menimbulkan jerawat. Untuk membuat ramuan ini, Anda hanya perlu mencampur 1 sendok makan kayu manis dan 2 sendok madu. Kedua bahan yang dicampur menjadi hingga menyerupai pasta ini dapat dioleskan ke area wajah yang telah dibilas dengan air bersih terlebih dahulu. Setelah dioleskan merata, Anda perlu mendiamkannya sekitar 15 menit. Terakhir, wajah dibilas dengan air hingga bersih.

Demikian beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami. Pada dasarnya, bahan-bahan tersebut tidak hanya berkhasiat mengatasi jerawat saja. Nutrisi dalam setiap bahan yang ada juga dapat membantu menutrisi kulit agar tetap sehat. Jadi, ramuan mana yang ingin Anda coba?

/* */