Penyebab Jerawat Batu Meradang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Batu Meradang dan Cara Mengatasinya – Perlu anda semua ketahui bahwa jerawat bukan hanya saja menjadi sebuah masalah yang dapat di alami oleh kalangan remaja saja, tetapi juga terkadang sering di alami oleh orang-orang dewasa juga. Parahnya lagi, jerawat yang muncul adalah jerawat batu yang meradang dan dapat menyebar ke bagian kulit lainnya. Kondisi seperti ini tentunya dapat membuat kita merasa kesal, karena jerawat batu tidak hanya dapat mempengaruhi penampilan saja tetapi juga terasa sakit. Sebelum kita mencari tahu cara mengatasi masalah jerawat batu ini, alangkah baiknya jika kita cari tahu terlebih dahulu penyebab utama jerawat batu ini, sehingga kita dapat melakukan penanganan yang tepat untuk menghilangkannya.

Mengenali Penyebab Jerawat Batu Meradang

Mengenali Penyebab Jerawat Batu Meradang

Penyebab Jerawat Batu

Menurut informasi yang telah kami dapatkan dari beberapa sumber bahwa jerawat batu ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain :

  • Faktor Genetik

Faktor Genetik ternyata dapat menjadi penyebab utama dari munculnya jerawat batu. Jerawat batu meradang umumnya dapat dikenali dengan ciri-ciri tertentu seperti memiliki kulit yang cenderung berminyak, proses regenerasi yang lebih lambat dan lebih sensitif ketika terjadi peradangan. Maka dari itu, jerawat batu ini akan menimbulkan bekas luka berupa lubang atau bupeng.

  • Gaya Hidup Tidak Sehat

Kurangnya memperhatikan kebersihan seperti membersihkan kulit wajah secara rutin dan teratur ternyata dapat memicu penumpukan sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit berminyak, sehingga pori-pori kulit wajah akan mudah tersumbat dan mengakibatkan tumbuhnya jerawat. Selain itu, sering mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat batu.

  • Masa Pubertas

Masa remaja memang menjadi masa-masanya pubertas, di udia remaja terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan. Dengan demikian, ketidak seimbangan hormon dapat menyebabkan kulit mudah berjerawat dan bahkan meradang.

  • Kulit Berminyak

Produksi minyak berlebih menjadi pemicu jerawat yang paling sering terjadi. Maka dari itu, jika kulit wajah cenderung berminyak, maka sebaiknya hindari pemakaian produk kosmetik yang mengandung bahan dasar minyak dan juga pembersih wajah cleanser. Hal ini dikarenakan, kedua bahan ini dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat.

  • Ibu Hamil

Ketika sedang hamil, hormon tubuh ibu hamil sedang tidak seimbang. Maka tak heran jika banyak ibu hamil yang sering mengeluhkan jika dirinya mudah sekali berjerawat, bahkan jerawat yang tumbuh memiliki ukuran yang besar atau disebut dengan jerawat batu.

  • Obat-Obatan Tertentu

Penyebab jerawat batu yang terakhir yaitu dapat disebabkan oleh karena konsumsi obat-obatan tertentu.

  • Jarang Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik yang dapat mengeluarkan keringat sangat baik untuk kesehatan kulit, karena keluarnya keringat ketikan berolahraga akan membawa kotoran pada pori-pori kulit dan membuangnya bersama dengan keringat. Untuk itu, seseorang yang jarang berkeringat akan memiliki resiko berjerawat lebih besar dibandingkan mereka yang rajin berolahraga.

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Nah setelah anda mengetahui penyeban jerawat batu yang di alami, maka anda bisa mencari tahu cara mengatasinya. Apabila jerawat batu yang anda alami sudah termasuk parah dan meradang, maka sebaiknya segera kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kulit berjerawat yang anda alami, kemudian dokter akan memberikan obat antibiotik dan jika kondisi jerawat batu yang anda alami sudah para dan meradang dokter akan memberikan suntikan obat khusus. Obat yang disuntikan tersebut biasanya akan membuat jerawat mati dan kering dalam waktu 1-2 hari saja.

Namun jika kondisi jerawat batu yang anda alami tidak terlalu parah, maka anda bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi jerawat batu. Menurut dari informasi yang kami kumpulkan dari beberapa sumber terpercaya, ada banyak sekali bahan alami yang berkhasitas untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan aman tanpa efek samping. Berikut adalah bahan dan cara pembuatannya, yaitu :

1. Cara Mengatasi Jerwat Batu dengan Lemon dan Madu

Campuran dari air perasan lemon dan juga madu dipercaya sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat dan mengentikan pertumbuhan jerawat dalam waktu yang cukup cepat.

Caranya yaitu :

  • Campurkan satu sendok makan air perasan lemon segar dengan 1 sendok teh madu murni, aduk kedua bahan hingga tercampur merata.
  • Bersihkan kulit wajah atau kulit tubuh lain yang terkena jerawat batu meradang dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih dan lembut.
  • Setelah itu, oleskan masker lemon dan madu yang telah anda buat tadi secara merata pada permukaan kulit yang berjerawat. Biarkan masker kering minimal 30 menit, lalu bilas hingga bersih menggunakan air bersih biasa.
  • Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam, dalam waktu 3 hari jerawat batu akan mulai kempes dan mengering. Lanjutkan pemakaian hingga jerawat dan noda bekas jerawat hilang.

2. Cara Mengatasi Jerwat Batu dengan Masker Kentang

Bahan alami lain yang  efektif untuk mengatasi jerawat batu yaitu menggunakan masker kentang. Selain dapat menghilangkan jerawat batu, ternyata masker kentang juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus, kenyal dan juga tampak lebih cerah.

Cara pembuatan dan pemakaiannya yaitu :

  • Pertama-tama siapkan 1 buah kentang ukuran sedang yang masih segar, lalu kupas kulitnya dan cuci hingga bersih.
  • Setelah itu, potong kecil-kecil dan masukan ke dalam blender untuk dihaluskan.
  • Setelah kentang dihaluskan, oleskan masker kentang pada kulit wajah atau tubuh lain yang terdapat jerawat batu yang meradang, lalu diamkan selama beberapa lama minimal 30 menit.
  • Pastikan sebelu masker kentang di oleskan, kulit yang berjerawat dibersihkan atau di kompres terlebih dahulu menggunakan air hangat.
  • Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air dingin biasa.
  • Untuk memperoleh hasil optimal, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam.

3. Cara Mengatasi Jerwat Batu dengan Masker Putih Telur

Jika kedua cara diatas tidak berhasil, anda masih ada cara lain yang terbukti ampuh menghilangkan jerawt batu meradang pada kulit wajah ataupun tubuh lainnya. Bahan alami yang digunakan yaitu putih telur ayam kampung atau telur bebek.

Cara Pembuatan dan Pemakaiannya :

  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung atau telur bebek, lalu ambil putih telurnya saja.
  • Sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu kulit yang berjerawat dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit agar kotoran yang ada di dalamnya bisa keluar.
  • Setelah itu, oleskan putih telur secara merata pada kulit yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai masker putih telur mengering, lalu bersihkan dengan air dingin.
  • Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur hingga jerawat hilang.

Catatan :

Selama dalam perawatan, hindari mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak. Perbanyak minum air putih dan hindari begadang terlalu larut malam tidur yang cukup minimal 7 jam setiap malam.

Itulah beberapa bahan alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat batu meradang. Lakukan secara rutin dan teratur, perbedaan akan anda lihat setelah pemakaian minimal 1 minggu pertama.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan dalam mengenali penyebab jerawat batu meradang, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

/* */