Penyebab Kaki Kram Pada Saat Berolahraga

Penyebab kaki kram – Kesehatan adalah hal penting untuk tubuh. Dengan tubuh kita yang sehat, kita dapat melakukan aktivitas sehari – hari dengan lancar. Karena semakin bertambahnya usia dan semakin banyaknya jenis makanan yang kita makan akan membuat banyaknya bakteri atau zat kimia yang masuk ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu selain mencegah dari luar kita juga harus mencegah dari dalam.Kebanyakan penyakit menyerang kita di saat daya tahan tubuh kita sedang menurun.

Penyebab Kaki Kram Pada Saat Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga. Sehingga penyakit tidak akan menyerang tubuh kita. Namun saat olahraga juga terdapat gangguan yang mungkin akan di alami tubuh kita. Kurangnya pemanasan merupakan salah satu penyebab kaki kram yang sering kali dialami.

 

Apa yang di maksud dengan kram kaki ???

Penyebab kaki kram adalah karena otot berkontraksi sangat keras yang timbul karena nyeri pada otot ( karena kaku / kejang yang terjadi pada otot). Kram otot ini biasanya terjadi di daerah kaki.

 

Apa saja penyebab kaki kram saat kita sedang berolahraga ?

 

  • Kelelahan yang terjadi pada otot.
  • Berlebihan dalam menggunakan otot saat berolahraga.
  • Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat. Pada keringat yang di keluarkan akan mengandung Ca dah K, sehingga tubuh akan kekurangan Ca dan K tersebut.
  • Metabolism dalam otot akan menghasilkan asam laktat. Dan penumpukan asam laktat yang berlebihan dapat memicu kekakuan otot sehingga kram otot atau kram kakiakan terjadi.
  • Oksigenisasi pada jaringan otot terganggu sehingga mengakibatkan kram otot atau kram pada kaku.
  • Kram otot terjadi karena sirkulasi darah untuk jaringan otot terganggu.
  • Penyempitan pada pembuluh darah menyempit juga menjadi penyebab kaki kram. Kram ini akan hilang ketika anda selesai berolahraga.
  • Tertekannya saraf tulang belakang akan menjadi penyebab kaki kram. Untuk menguranginya anda dapat berjalan dengan sedikit membungkuk.
  • Kekurangan potassium dan magnesium juga dapat menimbulkan kram pada kaki.

 

Apa saja cara mengatasi kram pada kaki?

 

  • Hindari penggunaan sepatu yang terlalu sempit.

Kaki akan kekurangan aliran darah karena aliran darah pada kaki semakin mengecil. Dan penggunaan sepatu sempit akan membuat batin anda terus menerus merasakan tekanan selama pemakaian, selain itu penggunaan sepatu sempit membuat tidak ada ruang untuk kaki ( juga membuat kaki merasa sakit ).

 

  • Lakukanlah olahraga untuk jari – jari kaki anda.

Jika anda memiliki waktu luang usahakan anda menggerak – gerakkan jari kaki anda, karena menggerakkan jari kaki membuat kita berolahraga selain itu menggerakkan jari kaki sangat baik untuk menghilangkan atau mengatasi penyebab kaki kram.

 

  • Jagalah keseimbangan cairan tubuh anda.

Saat berolahraga keringat akan keluar, dan ketika berkeringat keluar,  kadar air dan beberapa nutrisi di dalam tubuh akan keluar bersama keringat tersebut.

 

  • Kebutuhan di dalam tubuh harus terpenuhi.

Konsumsilah buah-buahan segar yang banyak mengandung kalsium, kalium, dan magnesium. Sehingga tubuh kita tidak akan kekurangan zat tersebut dan terhindar dari penyebab kaki kram. Dan kram otot tidak akan menyerang anda.

 

Baca juga : Beberapa Penyebab Kanker Tulang

 

Itulah beberapa penyebab kaki kram dan cara mengatasi kram otot atau kram pada kaki berolahraga. Olahraga sangat penting untuk tubuh, supaya daya tahan tubuh terjaga. Namun anda juga harus melakukan olahraga yang tepat agar tubuh anda merasa nyaman saat berolahraga. Oleh karena itu lakukanlah pemanasan dengan benar agar kram otot tidak terjadi saat anda berolahraga.

Loading...
/* */