Tips Menjalankan Puasa untuk Penderita Diabetes Agar Tetap Nyaman

Kesehatan-kulit.com – Bila Anda telah positif mengidap diabetes, maka Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih jenis makanan yang akan Anda konsumsi. Akan tetapi hal ini bukan berarti mewajibkan Anda untuk absen berpuasa. Justru disinilah tantangan Anda dalam berusaha tetap menjalankan ibadah puasa. Tenang saja, karena kali ini kita akan membahas mengenai tips menjalankan puasa untuk penderita diabetes agar tetap nyaman dalam menjalankan kewajiban. Apa saja?

 

Ilustrasi Menunggu Berbuka Puasa

 

Berikut tips menjalankan puasa untuk penderita diabetes yang dapat Anda terapkan:

 

1. Kurangi asupan karbohidrat berlebih saat sahur dan berbuka

Salah satu tips menjalankan puasa untuk penderita diabetes yang dapat Anda lakukan adalah mengontrol asupan karbohidrat. Anda tetap harus mengatur kadar kandungan karbohidrat dalam makanan yang akan Anda konsumsi saat sahur ataupun berbuka. Mengurangi asupan karboidrat juga dapat mengurangi jumlah kadar gula dalam tubuh Anda.

 

2. Cek kadar gula darah secara rutin selama puasa

Selain itu, Anda juga tetap harus melakukan tindakan preventif dengan rutin melakukan cek gula darah selama bulan puasa. Terutama bagi Anda yang bergantung dengan injeksi insulin. Penderita diabetes yang melakukan puasa lebih rentan mengalami hipoglikemia (kekurangan kadar gula). Bila hal ini tidak segera mendapatakan penanganan maka akan mengalami gejala berlnut seperti kejang hingga pingsan.

 

3. Tetap jaga asupan cairan tubuh

Selama puasa tentu Anda akan rentan terhadap dehidrasi, untuk itu sangat penting bagi Anda yang menderita diabetes tetap minum banyak air putih saat sahur dan berbuka agar terhindar dari gejala dehidrasi. Pastikan air tetap mengalir dalam tubuh Anda sekitar 1-2 liter per harinya.

 

4. Tetap memantau kondisi tubuh

Kondisi tubuh penderita diabetes dan orang normal tentu berbeda, apalagi selama menjalankan puasa. Ada bebrapa gejala yang harus sigap Anda waspadai diantaranya:

 

5. Kadar gula darah tubuh kurang dari 60 mg/dl (hipoglikemia)

6. Kadar gula darah tubuh kurang dari 70 mg/dl setelah rentang beberapa jam puasa, terutama bila Anda menggunakan insulin di saat sahur.

7. Kadar gula tubuh melebihi rentang 300 mg/dl

 

Bila Anda mengalami semua gejala diatas sebelum waktu berbuka tiba, maka segeralah membatalkan puasa sebelum hal buruk yang tidak diinginkan terjadi dan yang terpenting untuk saat ini anda diwajibkan untuk menjaga kestabilan tubuh terlebih dahulu.

 

Itulah beberapa tips menjalankan puasa untuk penderita diabetes yang dapat Anda terapkan agar kondisi tubuh tetap nyaman dalam menjalankan ibadah puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci yang pernuh hikmah ini dan semoga puasa anda lancar.

Loading...
/* */